Ragu Mau Rintis Usaha? Ini Alasan Waralaba Cocok Buat Pebisnis Pemula

Waralaba atau usaha kemitraan adalah kerja sama antara pemilik merek suatu produk (franchisor) dan pengguna merek atau sekutu yang menerima waralaba (franchise).
SHARE
Ragu Mau Rintis Usaha? Ini Alasan Waralaba Cocok Buat Pebisnis Pemula
SOLOPOS.COM - Ilustrasi waralaba atau franchise. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Memulai usaha dari nol menjadi hal sulit bagi sebagian orang apalagi jika modal yang dimiliki terbilang minim. Tapi tak perlu khawatir karena kini ada beragam jenis usaha yang bisa Anda pilih sesuai dengan ketersediaan modal, seperti membuka toko retail online (e-commerce) maupun toko fisik.

Ada pula pilihan lain seperti bisnis franchise atau waralaba yang memberikan berbagai keuntungan dan peluang bagi Anda. Sebagai informasi, waralaba atau usaha kemitraan adalah kerja sama antara pemilik merek suatu produk (franchisor) dan pengguna merek atau sekutu yang menerima waralaba (franchise). Terdapat perjanjian di antara keduanya untuk memenuhi hak dan kewajiban masing-masing.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Bisnis ini sangat cocok bagi pemula atau seorang yang ingin memulai usaha dengan modal dan pengalaman yang minim. Hal itu karena waralaba tidak membangun usaha dari nol dan risiko relatif kecil.

Baca juga: 65 Persen Subsidi Elpiji Tak Tepat Sasaran Bikin Negara Rugi

Dilansir dari laman franshisegator.com, Kamis (9/12/2021), berikut 3 alasan bisnis waralaba cocok untuk pebisnis pemula:

1. Pendampingan dari Pemilik Waralaba

Sebagian alasan untuk membeli waralaba adalah untuk mendukung model dan metode bisnis yang mapan. Namun demikian, tingkat dukungan langsung dari pemilik waralaba bervariasi. Untuk pewaralaba pertama kali, memiliki franchisor yang lebih terlibat adalah nilai tambah karena pemilik waralaba akan dapat memandu Anda melalui proses langkah demi langkah dan membantu Anda menghindari banyak kesalahan dalam menjalankan bisnis.

Ekspedisi Energi 2022

Bahkan perusahaan induk yang sangat besar di mana pemilik waralaba tidak mungkin melakukan banyak pengarahan terhadap pemegang waralaba individu mungkin merupakan pilihan yang baik jika mereka menyediakan tim untuk membantu pemegang waralaba baru. Contoh lain keterlibatan langsung oleh pemilik waralaba adalah adanya proses pelatihan terperinci serta memberikan bantuan dan informasi yang dibutuhkan pewaralaba agark berhasil.

2. Sistem Telah Terbentuk dengan Baik

Waralaba yang telah ada cenderung memiliki sistem mapan untuk melakukan segalanya mulai dari mempekerjakan pekerja baru hingga memesan inventaris. Sistem ini dapat membantu pewaralaba pemula melakukan banyak hal tanpa harus coba-coba dulu. Waralaba yang telah berhasil dapat menjadi bantuan besar bagi pemula untuk dapat melanjutkan praktik sukses dari pewaralaba sebelumnya. Ada banyak waktu untuk mengevaluasi dan membuat perubahan nanti, ketika Anda memiliki lebih banyak pengalaman.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga Pastikan Stok dan Penyaluran BBM Nataru Aman

3. Strategi Pemasaran yang Sukses

Waralaba memiliki banyak kesamaan dengan memiliki bisnis sendiri, termasuk fakta bahwa penanggung jawab memiliki banyak aspek manajemen untuk dipertimbangkan secara bersamaan. Seperti melacak keuangan, mempekerjakan dan memecat, memesan inventaris, mengawasi pekerja, dan memasarkan waralaba. Pemasaran adalah bagian penting dari bisnis apa pun, karena orang tidak dapat membeli apa yang tidak mereka ketahui.

Kebanyakan pewaralaba pemula tidak memiliki banyak pengalaman pemasaran, jadi menemukan waralaba yang sudah memiliki kampanye yang sukses dapat membantu mereka belajar dan mengetahui seperti apa pemasaran yang sukses itu. Setidaknya, memastikan perusahaan induk memiliki kampanye nasional yang kuat di mana Anda dapat berpartisipasi akan membantu Anda memulai.

Seiring berjalannya waktu, pewaralaba baru akan mendapatkan pengalaman dan keahlian mereka sendiri, dan akan dapat meningkatkan sistem yang ada, tetapi pada awalnya, masuk akal untuk tetap menggunakan metode yang sudah terbukti benar.

Baca juga: Pelaku UKM Keluhkan Barang Impor Murah Marak Beredar di Toko Online



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago