SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato saat membuka Rakornas Kepala Daerah dan FKPD se-Indonesia di Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/12/2023). (Tangkapan layar siaran langsung Sekretariat Presiden)

Solopos.com, SOLOPresiden Joko Widodo (Jokowi) sering mengambil keputusan penting kenegaraan pada Rabu Pon. Bahkan, pengumuman tiga kali reshuffle sebelumnya semuanya dilaksanakan pada Rabu. Isu perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang belakangan makin menguat diyakini akan dilakukan pada Rabu Pon yang jatuh pada  1 Februari 2023 mendatang.

Jokowi meminta semua pihak menunggu keputusannya. “Masa (pekan depan Rabu Pon)? Rabu Pon, benar? Ya nanti tunggu saja,” jawab Jokowi seusai menghadiri acara Kick-Off Keketuaan Indonesia di Asean 2023 di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (29/1/2023).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat juga memprediksi Jokowi akan mengumumkan reshuffle pada Rabu Pon. “Ya biasanya Rabu Pon, Rabu Pon ya. Rabu Pon itu setiap bulan ada Rabu Pon. Nah jadi kita tunggu saja, Rabu Pon-nya itu yang bulan apa,” ungkap Djarot saat ditemui diKantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Senin (30/1/2023), Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 sudah tiga kali dirombak oleh Presiden Jokowi. Perombakan semuanya diumumkan pada Rabu.

Pertama pada Rabu, 23 Desember 2020, di mana terdapat enam pejabat baru untuk pos Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Agama, Menteri Perdagangan, Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kedua pada 28 April 2021, Jokowi melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju dengan melantik dua pejabat baru untuk Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi serta Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Ketiga reshuffle ketiga terjadi pada 15 Juni 2022 saat Jokowi melantik sejumlah pejabat baru untuk pos Menteri Perdagangan, Menteri Agraria dan Tata Ruang(ATR)/Kepala BPN, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Wakil Menteri Dalam Negeri, dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Usut punya usut, ternyata Rabu Pon adalah weton kelahiran Presiden Jokowi. Dia lahir pada Rabu Pon, 21 Juni 1961. Dalam kepercayaan Jawa, weton biasa digunakan untuk menentukan tanggal yang baik terkait pelaksanaan acara tertentu dan untuk menghindari hari yang dianggap kurang baik.

Becermin pada kebiasaan Presiden Jokowi yang kerap mengambil keputusan kenegaraan pada Rabu Pon, hari dan pasaran itu dianggap hari baik.

Namun, Jokowi mengaku tak terpaku pada hari tertentu, seperti Rabu Pon, dalam mengambil kebijakan. Saat meninjau kawasan produksi minyak dan gas bumi (migas) PT Pertamina Hulu Rokan Dumai di Kota Dumai, Riau, Kamis (5/1/2023), Jokowi menyampaikan pengumuman reshuffle dapat dilakukan pada hari apa saja, termasuk Rabu.

“Bisa Jumat, bisa Senin, bisa Selasa, bisa Rabu,” ujar Jokowi dalam keterangan pers.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut Rapu Pon memang sering dijadikan momen keramat Jokowi. “Ya, Rabu Pon, berbagai momentum-momentum pada Rabu Pon, itu memang sering mengandung sesuatu yang istimewa dalam pengertian muncul kesadaran batin di dalam mengambil keputusan-keputusan strategis. Setiap orang punya preferensi itu,” ujar Hasto di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/1/2023).

Bahkan, lanjutnya, PDIP juga telah memberikan berbagai masukan terkait isu reshuffle itu. Namun, PDIP belum bisa membeberkan nama lantaran terkait masa depan seseorang. “Tentu saja sebagai partai kami memberikan masukan, tapi terkait dengan nama ada aspek-aspek teknis. Ini menyangkut masa depan seseorang. Kami mohon maaf tidak bisa menyampaikan,” ungkapnya.

Beberapa kesempatan, PDIP terang-terangan sudah meminta dua menteri yang berasal dari Partai Nasdem dievaluasi. Kedua menteri yang dimaksud Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo serta Menteri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Isu menteri Nasdem yang akan jadi target reshuffle makin besar setelah Jokowi memanggil Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ke Istana Merdeka pada Kamis (26/1/2023) sore. Meski begitu, politisi Nasdem Sugeng Suparwoto mengklaim tujuan Jokowi memanggil Surya hanya untuk saling melepas rindu setelah beberapa bulan tak pernah bertemu.

“Kangen-kangenan sebetulnya. Jadi ekspresi yang nampak, kebetulan saya pertanyakan kepada Pak Surya, bagai kakak-adik yang kurang lebih selama tiga bulan tidak berkomunikasi,” jelas Sugeng saat ditemui di kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2023).

Dalam pertemuan itu, menurut Sugeng, mereka banyak berbicara terkait masalah bangsa. Dia mencontohkan, terkait persoalan ekonomi yang dihadapi saat ini.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Misteri Rabu Pon 1 Februari 2023, Jokowi Reshuffle Kabinet?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya