SOLOPOS.COM - UD Trucks Quester Euro5 mejeng di GIIAS 2022 pada 11-21 Agustus 2022 di ICE BSD, Tangerang. Foto diambil Kamis (11/8/2022) (Antara/Suci Nurhaliza)

Solopos.com, JAKARTA — Penuhi standar Euro 4 yang ditetapkan pemerintah soal emisi gas buang pada sektor transportasi dan logistik, UD Trucks menghadirkan truk ramah lingkungan Quester Euro 5.

Dikutip Solopos.com dari Antara, UD Trucks menerapkan teknologi Selected Catalytic Reduction (SCR) pada truk Quester Euro 5 agar gas gas buangnya sesuai standar Euro 4.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Head of Competence Development PT UD Astra Motor Indonesia Ali Rachman menjelaskan saat ini produsen kendaraan bermotor berupaya untuk mengurangi kadar nitrogen oksida (NOx) dengan beberapa cara.

?Yakni dengan produk kendaraan listrik, kemudian cara menurunkan NOx gas buang dengan cara menyemprotkan cairan urea (AdBlue) ke gas buang dengan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR).

Selain itu dengan memasukkan kembali gas buang ke dalam mesin agar temperatur ruang bakar menurun yang selanjutnya akan menurunkan kadar NOx yang dikenal dengan istilah Exhaust Gas Recirculation (EGR).

Baca juga: Ramaikan GIIAS 2022, Daihatsu Geber Modifikasi Xenia Sport Bergaya JDM

“Dengan berbagai manfaat dan keunggulan yang telah dipertimbangkan, UD Trucks menghadirkan solusi menggunakan sistem SCR karena diketahui bahwa sistem ini melakukan pembakaran mesin yang sempurna,” ujar Ali dalam keterangan yang diterima, Jumat (19/8/2022).

Dengan SCR, lanjutnya, mesin tetap bersih dan awet, konsumsi bahan bakar yang efisien, serta tidak sensitif terhadap kualitas bahan bakar solar yang kurang baik dan bersulfur tinggi.

UD Trucks sebelumnya dikenal dengan merek Nissan Diesel adalah produsen truk pertama yang memperkenalkan system SCR dan AdBlue secara komersial pada truk untuk mereduksi emisi gas buang di tahun 2004.

Adapun teknologi SCR adalah sebuah proses pengendalian emisi gas buang yang dilakukan setelah pembakaran dari mesin dan beroperasi pada suhu pembakaran mesin yang optimal.

Baca juga: Harga Tiket GIIAS 2022 Hari Biasa dan Akhir Pekan Beda

Suhu pembakaran mesin yang optimal menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi atau lebih hemat dan menghasilkan lebih banyak NOx dan sedikit PM (particulate matter).

Kelebihan NOx ini akan dikurangi oleh peran cairan AdBlue ke gas buang. AdBlue merupakan cairan yang digunakan untuk mengurangi NOx yang dihasilkan oleh mesin diesel. Konsumsi AdBlue adalah 3-5 persen dari pemakaian solar, di mana sekali pengisian AdBlue setara dengan empat kali pengisian solar penuh.

Dengan perhitungan bahwa kapasitas tangki bahan bakar Quester adalah 315 liter, sementara tangki AdBlue berisi 50 liter, dan jika asumsi 1 liter solar untuk 3 km, maka 1 liter AdBlue bisa untuk menempuh 75 km.

Selain itu Quester Euro 5 juga dilengkapi dengan fasilitas jerigen cadangan AdBlue berisi 10 liter atau cukup untuk 750 km sehingga tidak merepotkan pengemudi, aman, dan lebih efisien.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya