SOLOPOS.COM - Snapdragon XR2+ Gen 1. (Qualcomm)

Solopos.com, SOLO-Perusahaan semikonduktor global, Qualcomm, mengupas keunggulan chipset Snapdragon XR2+ Gen 1 yang dibenamkan pada perangkat mixed reality teranyar dari Meta Quest Pro. Simak ulasannya di info teknologikali ini.

Chipset itu dijelaskan Qualcomm telah membawa peningkatan kinerja sebesar 30 persen untuk kinerja termal sedangkan memiliki peningkatan daya berkelanjutan sebesar 50 persen dibandingkan generasi sebelumnya.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Mengutip GSM Arena dan Antara pada Jumat (14/10/2022), chip itu juga telah hadir dengan saluran pemrosesan gambar baru yang membuatnya rendah latensi kurang dari 10 ms (milisekon) sehingga video lebih penuh warna saat digunakan menjajal realitas campuran yang terdiri dari virtual reality maupun augmented reality.

Lebih lanjut, keunggulan chipset Snapdragon XR2+ Gen 1 dari segi video tentunya semakin ditingkatkan mengingat realitas campuran sangat membutuhkan visual yang kuat.

Baca Juga: Makin Serem Aja, Qualcomm Luncurkan Snapdgragon 8 Gen 1 Diluncurkan

Fitur unggulan lainnya dalam chipset Snapdragon XR2+ Gen 1 itu ialah mampu mendukung video dengan tampilan 360 derajat dengan resolusi 8K 60 fps, lalu ada juga teknologi bernama concurrent perception yang memungkinkan pengguna bisa melihat persepsi lebih nyata dari segala arah dan mampu mengontrol gerak kepala dan tangan dengan lebih baik.

Keunggulan lainnya ialah dukungan rekonstruksi 3D, pemetaan ruang otomatis, serta kerapatan piksel yang tinggi.

Baca Juga: Atasi Kelangkaan Cip, Kemenperin akan Gandeng Qualcomm

Jika membicarakan produk teranyar Meta, Qualcomm tidak hanya hadir di Meta Quest Pro saja tapi juga di produk pengontrolnya yang bernama Meta Quest Touch Pro.  Meta Quest Touch Pro yang ditenagai Snapdragon 662 memungkinkan chipset di Meta Quest Pro untuk melacak beberapa posisi kamera yang tertanam dan memberikan kinerja yang baik dengan latensi rendah ke headset-nya.

Baca Juga: Ramalan Masa Depan 5G Versi Qualcomm dan Potensi Kesenjangan Digital

Meski punya banyak keunggulan, belum diketahui apakah chipset Snapdragon XR2+ Gen 1 akan muncul di produk-produk AR maupun VR dari jenama lain selain Meta, namun hingga saat ini generasi pertamanya yaitu Snapdragon XR sudah hadir di lebih 60 perangkat XR (extended reality) secara global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya