Putusan Belum Inkrah, Dana Desa di Getas Gunungkidul Tak Bica Dicairkan

Proses hukum kasus korupsi Dana Desa Kalurahan Getas, Playen, Gunungkidul, belum rampung sebabkan pencarian Dana Desa terhambat.
SHARE
Putusan Belum Inkrah, Dana Desa di Getas Gunungkidul Tak Bica Dicairkan
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Korupsi (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Dana Desa di Kalurahan Getas, Playen, Gunungkidul, DI Yogyakarta, sampai saat ini belum cair. Hal ini karena proses hukum terhadap kasus korupsi Dana Desa Kalurahan Getas di tingkat Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Yogyakarta belum inkrah atau berketatapan hukum tetap.

Dwi Hartanto, tersangka korupsi tersebut, masih pikir-pikir atas keputusan majelis hakim. Akibat belum inkrahnya putusan pengadilan, dana desa Kalurahan Getas belum bisa dicairkan.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Lurah Getas, Saekat, mengaku kesulitan menjalankan program pembangunan di kalurahannya.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

“Jadi yang bisa kami lakukan dengan Dana Desa hanya BLT saja, program pembangunan infrastruktur dan kegiatan lainnya belum bisa dijalankan,” ujar dia, Senin (16/5/2022).

Baca Juga: Sapinya Mati karena Tersambar Petir, Kakek di Gunungkidul Shock

Selama ini, operasional Kalurahan Getas hanya bersumber dari Pemkab Gunungkidul sejak kasus korupsi Dana Desa terbongkar 2021 silam.

“Dari Pemkab hanya sekitar Rp70 juta per tahun,” ujarnya.

Saekat menyebut kasus korupsi ini sangat merugikan masyarakat Getas. Pihaknya tidak bisa menjalankan pembangunan hingga program pemerintah desa.

“Kegiatan bersih desa atau rasulan saja kami jadi bingung bagaimana harus menyelenggarakan,” katanya.

Baca Juga: Ada Pungutan Liar di Pantai Siung Gunungkidul, Polisi Turun Tangan

Dalam unggahan Kejaksaan Negeri Gunungkidul, hukuman yang diputuskan majelis hakim pada terdakwa Dwi Hartanto adalah  pidana penjara selama enam tahun dengan denda Rp300 juta dan uang pengganti Rp78 juta. Korupsi yang dilakukan mantan Bendahara Kalurahan Getas tersebut merugikan kerugian negara sebesar Rp627.136.750.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Keputusan Belum Inkrah, Korupsi di Getas Hambat Pencairan Dana Desa



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago