SOLOPOS.COM - K.G.P.A.A. Mangkunagoro IX (puromangkunegaran.com)

Solopos.com, SOLO — Para putra-putri bertekad meneruskan cita-cita dan semangat Penguasa Pura Mangkunageran Solo Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A.) Mangkunagoro IX yang mangkat pada Jumat (13/8/2021) lalu.

Anak bungsu Mangkunagoro IX, G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, menjelaskan mendapatkan kabar duka saat dirinya berada di Kota Solo. Keberadaannya di Kota Bengawan untuk membantu penyelenggaraan kegiatan tradisi internal saat malam Sura.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bhre masih berkomunikasi dengan ayahandanya melalui sambungan telepon Kamis (12/8/2021) malam.

Baca juga: Mangkunagoro IX, Penjaga Kesenian yang Tak Alergi dengan Tari Modern

“Yang gak pernah kami bayangkan. Inikan kehilangan besar untuk Mangkunegaran, untuk keluarga. Tetapi ke depan kami harus melanjutkan semangat Kanjeng Gusti. Melakukan yang terbaik untuk Mangkunegaran dengan abdi-abdi, dengan keluarga melanjutkan semangat dan cita-cita Kanjeng Gusti,” kata dia, Jumat, di Pura Mangkunegaran Solo.

Diberitakan, jenazah Mangkunagoro IX yang meninggal di Jakarta akhirnya tiba di Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat sekitar pukul 16.13 WIB. Jenazah almarhum kemudian disemayamkan di Ndalem Ageng.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah, Irjen Pol. Ahmad Lutfi, yang hadir saat jenazah tiba menyatakan melihat Mangkunagoro IX sebagai pemimpin yang disegani.

Baca juga: Obituarium Mangkunagoro IX : Penggemar Radio Amatir yang Peduli Bidang Pendidikan

Sementara itu, sosok penerus takhta Mangkunagoro IX akan diputuskan oleh pihak keluarga. Ada dua putra Mangkunagoro IX yaitu G.P.H. Paundrakarna Jiwo Suryonegara dan G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Calon Penerus Takhta

Pelaksana Tugas (Plt) Pengageng Kabupaten Mondropuro Mangkunegaran, Supriyanto Waluyo, menjelaskan belum mengetahui mengenai proses atau pemilihan calon pengganti K.G.P.A.A Mangkunagoro IX.

“Saya kurang tahu. Itu [yang memutuskan siapa sosok pengganti Mangkunegoro IX] nanti keluarga,” kata dia kepada wartawan, Jumat.

Baca juga: Mengenal Sosok Paundrakarna Putra Sulung Mangkunagoro IX, Pernah Main Sinetron hingga Jadi Anggota DPRD Solo

Sebagai informasi, selain memiliki dua putra, Mangkunagoro IX juga mempunyai dua putri yakni G.R.Ay. Putri Agung Suniwati dan G.R.Aj. Ancillasura Marina Sudjiwo.

Dikutip dari laman puromangkunegaran.com, Mangkunagoro IX wafat di Jakarta, Jumat (13/8/2021) sekitar pukul 02.50 WIB, karena sakit jantung. Jenazah disemayamkan di Ndalem Ageng Pura Mangkunegaran Solo kemudian dimakamkan di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar, Minggu (15/8/2021) pukul 10.00 WIB.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya