SOLOPOS.COM - Putra mahkota Keraton Solo, KGPH Puruboyo. (Instagram @kgphpuruboyo)

Solopos.com, SOLO — Kanjeng Gusti Pangeran Haryo atau KGPH Puruboyo yang baru saja dinobatkan sebagai putra mahkota penerus takhta Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ternyata masih sangat muda. Usianya baru 20 tahun dan berstatus mahasiswa di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Hal itu diungkapkan Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Dipokusumo, kepada Solopos.com, Selasa (1/3/2022) malam. “Masih kuliah di Undip,” kata kerabat keraton yang akrab disapa Gusti Dipo tersebut.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sayangnya, Gusti Dipo tidak memberikan penjelasan lebih lanjut soal jurusan atau program studi yang ditempuh KGPH Puruboyo. Yang jelas, Gusti Dipo membenarkan soal penobatan KGPH Puruboyo sebagai putra mahkota Keraton Solo.

Baca Juga: PB XIII Disebut Angkat KGPH Purbaya sebagai Putra Mahkota Keraton Solo

Penobatan dilakukan saat acara tingalan jumenengan ke-18 SISKS Paku Buwono (PB) XIII di Keraton Solo, Minggu (27/2/2022). “Nggih, leres, leres,” ujar Gusti Dipo, Senin (28/2/2022).

Gusti Dipo menjelaskan KGPH Puruboyo mendapatkan penghormatan tentang kedudukan dan nama Kanjeng Gusti Pangeran Harya Adipati Anom Sudibyo Raja Putra Nalendra Ing Nagari Mataram.

Dengan sebutan itu yang bersangkutan sudah ditetapkan sebagai putra mahkota dan akan menjadi penerus Raja Keraton Kasunanan Surakarta di Solo apabila terjadi suksesi.

Baca Juga: Tak Hanya Putra Mahkota, PB XIII Juga Kukuhkan Permaisuri Keraton Solo

Tingalan Jumenengan

Gusti Dipo menambahkan pengukuhan KGPH Puruboyo sebagai putra mahkota dan ibundanya sebagai permaisuri bergelar Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Paku Buwono dilakukan secara tertulis, serta sudah dibacakan maupun di umumkan kemarin. “Ada cap asma dalem juga,” sambungnya.

Ia menjelaskan pada hari peringatan jumenengan atau ulang tahun penobatannya sebagai Raja, PB XIII secara tradisi adat menyampaikan atau memberikan gelar, nama dan sebatan, kepada semua kerabat, sentana, abdi dalem. Termasuk juga mitra dalem atau teman maupun kenalan yang sahabat dekat.

“Beliau kagungan putra yang sudah mendapatkan gelar sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Harya Purubaya. Nah sekarang diberi penghargaan atau gelar Sinengkakaken Ing Luhur,” terangnya.

Baca Juga: PB XIII Angkat Purbaya Jadi Putra Mahkota, LDA Keraton Solo Gelar Rapat

Sementara itu, berdasarkan informasi di laman wikipedia, KGPH Puruboyo tercatat sebagai putra Paku Buwono (PB) XIII dari hasil pernikahan dengan Asih Winarni atau KRAy Pradapaningsih atau GKR Pakubuwana. Total PB XIII memiliki tujuh anak dari tiga kali pernikahannya.

Selain Puruboyo, ada satu lagi anak laki-laki PB XIII yang bernama GRM Suryo Suharto atau KGPH Mangkubumi. Sedangkan lima anak lainnya perempuan yakni GRAy Rumbai Kusuma Dewayani atau GKR Timur, GRAy Devi lelyana, GRAy Ratih Widyasari, BRAy Sugih Oceani, dan GRAy Putri Purnaningrum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya