[ X ] CLOSE

PUTRA JOKOWI NIKAH : Repot, Kepala Negara Sahabat Tak Diundang di Pernikahan Gibran-Selvi

PUTRA JOKOWI NIKAH : Repot, Kepala Negara Sahabat Tak Diundang di Pernikahan Gibran-Selvi
SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos/dok)

Putra Jokowi nikah sebentar lagi. Presiden Jokowi dipastikan tak akan mengundang para kepala negara sahabat.

Solopos.com, SOLO — Kepala negara sahabat dipastikan tidak diundang dalam pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, dan Selvi Ananda. Untuk mewakili para kepala negara itu, Presiden Jokowi hanya akan mengundang para duta besar.

Komandan Kodim (Dandim) 0735 Solo, Letkol Inf. Chrisbianto Arimurti, membenarkan jika pernikahan putra sulung Presiden Jokowi itu tidak akan dihadiri oleh kepala negara. “Dipastikan nanti tidak ada kepala negara yang diundang,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com di Makodim Solo, beberapa waktu lalu.

Dandim Solo tidak menjelaskan lebih terperinci alasan kenapa kepala negara tidak di undang. “Ya bapak [Presiden] begitu. Katanya tidak mengundang kepala negara gitu saja,” kata Chrisbianto.

Dia mengatakan pernah ada usulan untuk mengundang kepala negara dari negara tetangga seperti Malaysia. Namun, saat itu Presiden mengatakan jika kepala negara tetangga diundang, maka negara lainnya juga harus diundang.

“Nah, kalau semua kepala negara diundang, nanti khawatir tempatnya tidak memadai. Bayangkan, satu kepala negara akan didampingi oleh pengawal dan staf-stafnya. Itu kan akan repot sekali,” kata dia yang pernah menjadi panitia pengamanan APEC di Bali 2013 lalu. “Sebagai catatan, saat APEC di Bali juga mengundang kepala negara. Pengaturannya harus detail sekali.”

Di sisi lain, dia mewanti-wanti pengaturan parkir pada saat hari H pelaksanaan pernikahan. Dia yang pernah menjadi panitia pernikahan Putra Bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono, itu menyebut parkir menjadi masalah paling krusial. Dia pun menceritakan pengalamannya saat itu.

“Di sana [Pernikahan Edhie Baskoro] juga begitu. Masalah parkir harus dipikirkan betul-betul,” ungkap Dandim. Namun, kata dia, lokasi pernikahan putra Presiden SBY dengan Putra Presiden Jokowi sedikit berbeda. “Kalau dulu di tempat pernikahannya anaknya pak SBY [di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat] itu aksesnya lebih sempit. Di sini [Solo] akses cukup luas,” kata dia.

Dandim yang lama bergabung di Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) itu mengatakan sudah menyiapkan 200 personil untuk mengamankan acara pernikahan Gibran-Selvi itu. “Ya nanti kita kerahkan semua. Ada 200 personil dari kami [Kodim Solo],” kata dia.

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Andi M. Indra Waspada, mengatakan terkait pengalihan arus lalu lintas dan tempat parkir masih belum pasti. “Saya belum bisa kasih kepastian seperti apa konsepnya nanti. dari kemarin berubah-ubah terus.” kata Kasatlantas saat ditemui wartawan di Mapolresta Solo, Jumat (29/5/2015).

Dia berjanji akan memberikan keterangan lengkap tentang rute dan tempat parkir pernikahan Gibran-Selvi ketika semuanya sudah ada kepastian. “Nanti pasti saya kabari. Ini belum pasti, jadi saya belum berani kasih statmen. Dari pada nanti salah,” kata dia yang diberi tangung jawab mengatur lokasi, rute, dan parkir saat hari H pelaksanaan pernikahan.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago