SOLOPOS.COM - Sukarelawan dan warga memangkas pohon tumbang yang menimpa teras musala kantor Desa Gatak, Kecamatan Ngawen, Minggu (5/6/2022). (Istimewa/BPBD Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Hujan deras disertai angin kencang menerjang tiga kecamatan di Klaten, Minggu (5/6/2022). Akibat kejadian itu, genting rumah warga berserakan serta ada kejadian pohon tumbang.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Tenda yang terpasang di rumah warga wilayah Dukuh Brajan, Desa/Kecamatan Ngawen ambruk. Genting beberapa rumah berserakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Dukuh Sandelan, Desa Ngawen, satu pohon tumbang menimpa rumah warga. Warga hingga Minggu sore masih berupaya membersihkan genting berserakan dan memangkas pohon yang tumbang di salah satu rumah.

“Benar ada kejadian tersebut. Untuk rincian masih dalam pendataan,” kata Kepala Desa (Kades) Ngawen, Sofik Ujianto, saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Angin kencang juga membuat genting sejumlah rumah berterbangan di Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko. Selain itu, hujan deras yang mengguyur membuat sayap jembatan ambrol. Jembatan itu berada simpang tiga dekat dengan Pondok Pesantren (Ponpes). Jembatan berada pada jalur truk galian C menuju arah Ngawen atau sebaliknya.

Baca Juga: Angin Kencang Rusak Belasan Rumah di Klaten, 1 Warga Nabrak Pohon Roboh

Kepala Desa (Kades) Demakijo, Ery Karyatno, mengatakan sayap jembatan yang ambrol sepanjang 7 meter. Sementara ini, arus lalu lintas yang melewati jembatan itu dibuat satu jalur.

“Truk tronton kami setop dan kami minta para sopir memberitahukan ke teman-temannya sementara tak lewat jalur ini. Soalnya dikhawatirkan akan semakin memperparah kondisi jembatan karena ada beberapa bagian yang retak,” kata Ery.

Berdasarkan data sementara dari TRC BPBD Klaten, puting beliung menerjang enam desa di tiga kecamatan.

Di Kecamatan Ngawen, kejadian pohon tumbang yang sempat menutup akses jalan serta ada yang menimpa rumah terjadi di Desa Gatak, Kahuman, serta Senden.

Baca Juga: Waspadai Angin Kencang, BPBD Klaten Imbau Pangkas Pohon Jumbo

Pohon tumbang juga terjadi di wilayah Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom. Di Kecamatan Karanganom, pohon tumbang sempat menutup jalan Penggung-Karanganom dan sudah tertangani.

Di Demakijo, Kecamatan Karangnongko, sayap jembatan ambrol.

“Untuk perkembangan lebih lanjut akan kami informasikan kemudian,” kata Sekretaris BPBD Klaten, Nur Tjahjono Suharto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya