SOLOPOS.COM - Kondisi atap rumah yang diterjang angin putting beliung di Dusun Tumbal, Desa Kluwan, Penawangan, Grobogan, Jateng. (Semarangpos.con-Polsek Penawangan)

Solopos.com, PURWODADI — Hujan disertai puting beliung melanda Desa Kluwan, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (11/4/2020). Bencana alam yang melanda sekitar pukul 15.00 WIB itu mengakibatkan rumah warga yang letaknya berdekatan rusak di bagian atap.

Kapolsek Penawangan AKP Saptono Widyo Hariyanto menjelaskan kedua rumah yang rusak akibat udara bergerak dengan tekanan tinggi itu berada di wilayah Dusun Tumbal RT 001/RW 003, Desa Kluwan. Rumah yang terkena musibah puting beliung adalah milik Tajib, 40 tahun berdinding tembok ukuran 5 m x 8 m dan rumah kayu berbentuk limasan ukuran 12 m x 12 m milik Maskam, 55 tahun .

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Peta angin putting beliung di Grobogan, Jateng. (Semarangpos.con-Istimewa)
Peta angin putting beliung di Grobogan, Jateng. (Semarangpos.con-Istimewa)

Apindo Jateng Buka Wacana Cicil THR 2020

Ekspedisi Mudik 2024

Angin puting beliung terjadi bersamaan dengan turunnya hujan deras di Desa Kluwan dan sekitarnya yang berlangsung mulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB. Tidak lama setelah turun hujan berembus angin kencang yang melanda Dusun Tumbal.

Kondisi atap rumah yang diterjang angin putting beliung di Dusun Tumbal, Desa Kluwan, Penawangan, Grobogan, Jateng. (Semarangpos.con-Polsek Penawangan)
Kondisi atap rumah yang diterjang angin putting beliung di Dusun Tumbal, Desa Kluwan, Penawangan, Grobogan, Jateng. (Semarangpos.con-Polsek Penawangan)

Segerakan Pembersihan

Akibat angin betekanan tinggi tersebut atap baja ringan rumah milik Tajib terbang  dan sebagian menimpa rumah milik Maskan yang mengakibatkan kerusakan di bagian atap rumah. Berdasarkan pendataan anggota Polsek Penawangan, anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan, dan Perangkat Desa Kluwan, akibat musibah puting beliung tersebut Tajin diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp20 juta dan Maskan mengalami kerugian sekitar Rp7,5 juta.

Maklumat Ganjar Pranowo Soal Corona: Jangan Takut Kelaparan!

Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih melalui Kasi Kedaruratan BPBD Grobogan Masrichan mengatakan anggota BPBD Grobogan, anggota Polsek Penawangan, dan perangkat Desa Kluwan dibantu warga setempat melakukan pembersihan sementara atap yang rusak karena puting beliung. “Bantuan logistik dari Pemkab Grobogan akan disalurkan secepatnya. Kemudian untuk bantuan keuangan segera diproses dan segera diberikan,” jelas Masrichan ketika dihubungi Semarangpos.com.

Berdasar peta rawan angin putting beliung yang ada di website resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan; www.bpbd.grobogan.go.id, Kecamatan Penawangan bukan termasuk wilayah yang rawan puting beliung. Berdasar peta dari BPBD Grobogan tersebut, kecamatan yang rawan puting beliung adalah Tanggungharjo, Tegowanu, Gubug, Grobogan, Tawangharjo, Pulokulon, Ngaringan, Gabus, dan Kecamatan Geyer.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya