Puting Beliung Porak Porandakan Puluhan Bangunan di Dua Desa di Sumenep
Solopos.com|jatim

Puting Beliung Porak Porandakan Puluhan Bangunan di Dua Desa di Sumenep

Puluhan bangunan di Sumenep rusak diterjang puting beliung. Selain itu dua tiang listrik dan beberapa pohon tumbang.

Solopos.com, SUMENEP -- Puluhan bangunan di dua desa di Kecamatan Kalianget, Sumenep, Madura porak poranda setelah diterjang puting beliung, Sabtu (3/4/2021) siang. Seentara itu, tiga warga mengalami luka ringan akibat bencana alam tersebut dan dirawat di Puskesmas Kalianget.

Puluhan bangunan yang rusak di antaranya rumah warga, masjid, dan gudang penyimpangan garam. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Puting beliung menerbangkan dan menggulung atap rumah, masjid dan bangunan dua desa serta menumbangkan pohon dan tiang listrik. Total ada 10 bangunan dan 8 rumah rusak di dua desa dampak cuaca ekstrem.

Salah satu warga Desa Pinggirpapas yang rumahnya jadi korban angin puting beliung, Busaid, 50, mengaku saat kejadian sudah berada di luar rumah. Saat itu warga melihat angin puting beliung dari arah barat ke timur dan menggulung atap rumahnya. Warga pun berlarian menyelamatkan diri.

Baca juga: Tinjau Lokasi Banjir Magetan, Mensos Risma Beri Bantuan dan Sarankan Ini

"Tadi anginnya dari arah barat, pas saya ada di luar melihat angin. Waktu anginnya semakin dekat, saya lari takut," kata Busaid.

Kapolsek Kalianget, Iptu Maliyanto membenarkan peristiwa itu. "Angin puting beliung tadi terjadi di dua desa. Desa Karanganyar dan Desa Pinggirpapas sekitar pukul 13.00 WIB sebelum hujan turun," kata Kapolsek Kalianget, Iptu Maliyanto, kepada wartawan.

Dia mengatakan di Desa Karanganyar Dusun Gedung, ada 10 rumah penduduk yang gentingnya beterbangan terbawa puting beliung. Selain itu teras atap Masjid Hairul Jannah ambruk dan gudang milik PT Garam rusak bagian atapnya. Selain itu 2 tiang PLN roboh.

Baca Juga: Hujan Deras 7 Jam, Banjir Bandang dan Longsor Terjang 4 Kecamatan di Madiun

Sedangkan di Desa Pinggirpapas puting beliung menerjan 8 lokasi. Delapan unit rumah di Dusen Ageng rata-rata atapnya rusak berterbangan dan aliran listrik dua desa padam karena tiang listrik di Desa Karanganyar roboh.

Sementara BPBD Sumenep masih dan pemerintah desa bergotong royong membantu rumah-rumah warga yang rusak.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago