SOLOPOS.COM - Rihanna. (Instagram/badgal_rihanna)

Solopos.com, SOLO -- Penyanyi sekaligus perancang busana AS, Rihanna, belakangan ini jadi perbincangan publik terkait fashion show yang ia gelar bertajuk beberapa waktu lalu.

Secara umum, acara yang menampilkan produk lingerie Savage x Fenty Beauty  miliknya itu terbilang sukses meski digelar secara virtual. Sejumlah artis Hollywood turut serta dalam acara tersebut. Di balik kesuksesan itu, ternyata banyak yang memberikan kritikan karena lagu yang diputar dalam fashion show lingerie menggunakan hadis Nabi Muhammad SAW.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lagu tersebut berjudul Doom yang diciptakan oleh Coucou Chloe. Beberapa sumber mengatakan bahwa hadis yang digunakan dalam lagu tersebut adalah penjelasan Nabi Muhammad SAW soal hari kiamat.

5 Artis Endorse Termahal di Indonesia, Ada yang Capai Rp 1 Miliar

Sebagai pencipta lagu, Coucou Chloe mengatakan segera menghapus lagu tersebut dari semua platform musik. "Saya ingin minta maaf yang sebesar-besarnya atas pelanggaran yang disebabkan oleh sampel vokal yang digunakan dalam lagu saya berjudul Doom. Lagu itu dibuat menggunakan sampel dari trek Baile Funk yang saya temukan secara online. Saat itu, saya tidak tahu jika sampel ini menggunakan teks dari sebuah Hadis Islam," ujar Chloe, seperti dilansir suara.com dari middleeasteye.net, .

"Saya bertanggung jawab penuh atas fakta saya tidak meneliti kata-kata ini dengan benar dan ingin berterima kasih kepada Anda yang telah meluangkan waktu untuk menjelaskan hal ini kepada saya. Kami sedang dalam proses untuk segera menghapus lagu tersebut dari semua platform streaming," Coucou Chloe melanjutkan.

4 Artis Ini Ternyata Pernah Jadi Istri Kedua, Nomor 4 Baru saja Cerai

Ini Hadis Yang Dipakai

Sebelumnya, Rihanna dikenal sebagai sosok yang memiliki toleransi agama dan ras. Dirinya menyertakan model berkulit hitam, putih, bertubuh gemuk, hingga model muslim Halima Aden dalam produk kosmetik miliknya.

Namun karena fashion show lingerie tersebut, banyak pihak yang merasa kecewa. Rihanna pun dikecam ribuan orang hingga membuat namanya menjadi trending topic di Twitter. Publik kompak menilai lagu itu tidak pantas digunakan dalam acara tersebut. Terlebih lagu lantunan hadis itu dipakai untuk menari. Lantas, hadis apa yang sebenarnya dipakai pada lagu tersebut?

Lagu Doom diputar dengan cepat bersamaan dengan lagu lain saat acara fashion show tersebut. Dalam lagu tersebut hadis yang disebutkan adalah hadis yang digunakan oleh Nabi Muhammad SAW saat menjelaskan mengenai hari penghakiman dan akhir dari dunia.

Hai Cewek, Ini Lho Gaya Ganteng Om Pemersatu Bangsa Phillip Jusuf

Dilansir Ace Showbiz, Coucou pernah mengakui bahwa dirinya membuat remix audio untuk lagu Doom yang ternyata merupakan hadis tentang hari penghakiman dan kiamat dalam Islam. Saat itu, dirinya mengatakan, tidak membuat contoh vokal di lagu tersebut.

“Bagi mereka yang bertanya-tanya contoh vokal untuk lagu ini, saya tidak membuatnya seperti yang bisa Anda tebak,” ujar Coucou dalam sebuah tulisan, sekaligus menyertakan link Youtube dari narasi hadis yang dimaksud.

Ini dia hadis yang dimaksud:

“Tidak akan terjadi kiamat, sampai ilmu itu diangkat, waktu semakin pendek, banyak gempa bumi, fitnah merajalela, dan banyak terjadi al-haraj.” Sahabat bertanya, apa itu al-haraj? Beliau menjawab: “Pembunuhan, pembunuhan. ” (HR. Bukhari).

BTS dan ARMY Dipuji John Cena di TV Amerika Serikat

“Ada tiga hal yang apabila telah muncul maka keimanan seseorang tidak lagi berguna baginya jika sebelumnya dia tidak beriman, atau tidak beramal kebajikan selama beriman, yaitu: terbitnya matahari dari arah barat, Dajjal, dan hewan melata." (HR. Muslim dan At-Tirmidzi).

Bukan Kontroversi Pertama

Ternyata kontroversi Rihanna yang berkaitan dengan umat muslim ini bukanlah yang pertama terjadi. Sebelumnya di tahun 2013, dirinya sempat diminta pergi dari halaman Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi. Saat itu Rihanna memakai hijab dan melakukan pemotretan yang dianggap tidak pantas di halaman luar masjid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya