SOLOPOS.COM - Matiji (dua dari kanan) membacakan surat pernyataan Puspo Wardoyo disaksikan ibu dan bibinya serta pemilik kanal Youtube JIA TV, Aji. (Youtube JIA TV)

Solopos.com, JAKARTA — Setelah menunggu 12 tahun impian Matiji, seorang marbut masjid untuk menunaikan ibadah umrah ke Tanah Suci segera kesampaian.

Ia akan diberangkatkan umrah pada Agustus 2022 mendatang namun bukan oleh Ustaz Yusuf Mansur yang menjanjikannya umrah gratis tahun 2010 melainkan oleh pengusaha nasional Puspo Wardoyo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kabar gembira bagi Matiji itu dibawa oleh pemilik kanal JIA TV, Aji, yang sejak Desember 2021 mendampingi Matiji menagih janji umrah gratis kepada Ustaz Yusuf Mansur.

“Beberapa hari lalu ada seseorang yang mengaku sekretaris Pak Puspo yang menghubungi melalui email. Beliau mengatakan Pak Puspo prihatin dengan nasib yang menimpa Pak Matiji dan ingin memberangkatkannya umrah,” ujar Aji kepada Solopos.com melalui Whatsapp, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga: Puspo Wardoyo: Saya Mendapat Berkah dari Membantu Korban Yusuf Mansur

Sekretaris Puspo Wardoyo itu lantas mengirimkan email yang berisi pernyataan resmi pemilik Wong Solo Group tersebut. Aji lantas mencetak pernyataan di email itu dan menyerahkannya kepada Matiji.

“Bismillahirrahmanirrahim. Surat Pernyataan. Dengan ini saya Puspo Wardoyo menyatakan akan memberangkatkan umrah ke Tanah Suci Mekkah Saudara Muhammad Matiji (alamat dan NIP dilewati). Demikian surat pernyataan ini saya buat tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Semoga Allah meridhai kita. Aamiiin.,” tutur Matiji saat membacakan surat pernyataan Puspo Wardoyo, sebagaimana diunggah di kanal Youtube JIA TV, 8 April 2022.

Kepada Solopos.com, Aji mengatakan menurut keterangan sekretaris Puspo Wardoyo, Matiji akan diberangkatkan pada Agustus 2022 bersamaan dengan para karyawan Wong Solo Group.

Baca Juga: Puspo Wardoyo: Sedekah & Investasi Yusuf Mansur Rugikan Umat

Aji bersyukur upayanya berbulan-bulan mendampingi Matiji mendapatkan hasil kendati yang memberangkatkan umrah bukan Yusuf Mansur.

“Saya senang dan bersyukur. Ada pengusaha yang baik hati yang ingin memberangkatkan Pak Matiji umrah,” ujar Aji.

Selain Matiji, tim Puspo Wardoyo juga sedang mencari seorang hafiz buta asal Gunungkidul, DI Yogyakarta yang juga pernah dijanjikan umrah gratis pada 2010 silam oleh Ustaz Yusuf Mansur.

Video kesaksian hafiz buta bernama Ahmad Amroji itu pernah diunggah oleh salah satu kanal di Youtube.

Matiji mengucapkan banyak terima kasih kepada Puspo Wardoyo yang memberangkatkan dirinya. “Terima kasih banyak untuk Pak Puspo Wardoyo yang akan memberangkatkan saya umrah. Saya berdoa Bapak panjang umur dan berkah, diberi kesehatan. Semoga Allah membalas yang lebih baik,” ujar Matiji menahan tangis.

Tagih Yusuf Mansur

Diberitakan sebelumnya, mantan marbut Masjid Annida di Kantor MNC TV, Matiji, menagih janji Ustaz Yusuf Mansur yang akan memberangkatkan dirinya umrah ke Mekkah.

Menurut Matiji, janji memberangkatkan umrah itu diungkapkan Yusuf Mansur pada acara Nikmatnya Sedekah di MNC TV tahun 2010 silam. Hingga 12 tahun berselang, janji tersebut belum ditunaikan oleh Ustaz Yusuf Mansur.

Kekecewaan Matiji diungkapkannya di kanal Youtube JIA TV. Pemilik kanal JIA TV, Aji, kepada Solopos.com mengungkapkan dirinya mendapat informasi ada marbut masjid yang dijanjikan umrah Yusuf Mansur itu dari seorang mantan petugas keamanan MNC TV, Sunandar.

Baca Juga: Lestari: Yusuf Mansur Menumpang Hidup, Rumah Saya Malah Hilang

“Dari Pak Sunandar itu akhirnya saya bisa bertemu dengan Pak Matiji dan melakukan wawancara. Intinya, Pak Matiji dijanjikan umrah gratis pada tahun 2010 dalam acara Nikmatnya Sedekah tapi sampai saat ini janji itu tidak ditepati. Banyak saksinya karena acara itu live di MNC TV,” ujar Aji melalui pesan Whatsapp, beberapa waktu lalu.

Hasil wawancara Aji dengan Matiji itu ia unggah di kanal Youtubenya dalam beberapa video. Matiji dalam salah satu video mengungkapkan, saat itu dirinya hadir dalam acara Nikmatnya Sedekah yang diasuh oleh Ustaz Yusuf Mansur.

Mantan marbut Masjid Annida Matiji menunjukkan foto dirinya (kanan) bersama Ustaz Yusuf Mansur seusai acara Nikmatnya Sedekah pada 2010 silam. (Istimewa)

“Lalu beliau (Yusuf Mansur) bertanya kepada jemaah, adakah yang akan bersedekah untuk Pak Matiji. Lalu ada seorang bernama Mas Mono yang bersedia memberangkatkan saya umrah. Bahkan saat itu membawa uang tunai Rp50 juta dan langsung diserahkan kepada Ustaz Yusuf Mansur,” ujar Matiji.

Baca Juga: Video Gebrak Meja Viral, Ini Respons Yusuf Mansur

Tak hanya dirinya, ketika itu ada beberapa orang yang juga dijanjikan umrah gratis. Salah satu yang dikenalnya bernama Imam. Sama seperti dirinya, Imam juga belum diberangkatkan umrah kendati janji itu sudah lewat 12 tahun.

Selepas acara itu, aku Matiji, dirinya langsung membuat paspor untuk berangkat ke Mekkah. Namun pemberangkatan dirinya tak kunjung terjadi meski dirinya menagih beberapa kali.



Menurut Matiji dirinya tidak berbohong. Ia memiliki banyak saksi, baik dari keluarga maupun para tetangga yang menyaksikan acara live tersebut di televisi.

“Setelah acara itu saya juga langsung bikin paspor. Duitnya dibantu sama produser MNC TV. Tapi kok tidak juga diberangkatkan. Saya tanya, katanya disuruh sabar-sabar gitu. Sampai paspor saya habis tahun 2015, umrahnya zonk,” katanya.

Menurut Matiji, dirinya berulang kali menagih ke tim Yusuf Mansur perihal janji umrah gratis itu. Namun hingga lewat 12 tahun janji itu tidak kunjung dipenuhi.

Baca Juga: Video Marah-Marah Viral, Yusuf Mansur Sebut Dirinya Musa Kecil

Pemilik kanal JIA TV, Aji, menemui Mas Mono, pemilik usaha Ayam Bakar Mas Mono yang disebut Matiji. Dalam video wawancara yang juga diunggah Aji di Youtube, Mas Mono membantah semua kesaksian Matiji. Mas Mono juga menyatakan tidak ingat dengan Matiji.

“Saya tidak mungkin membawa uang tunai Rp50 juta ke acara pagi-pagi buta seperti itu. Saya zalim jika saya berbohong,” kata Mas Mono.

Tentang pembuatan paspor, Mas Mono mengatakan saat itu di PPPA Daarul Quran ada program memberangkatkan marbut masjid.

Mantan marbut Masjid di MNC TV, Matiji menunjukkan parpor yang dibuatnya tahun 2010 untuk umrah gratis Yusuf Mansur. Paspor tersebut kini telah habis masa berlakunya. (JIA TV)

“Jadi pembuatan paspor itu buat jaga-jaga aja karena memang di PPPA ada program memberangkatkan marbut masjid,” katanya.

Solopos.com berusaha meminta konfirmasi terkait janji umrah gratis Matiji ini kepada Ustaz Yusuf Mansur. Namun hingga berita ini diturunkan belum ada jawaban dari dai kondang tersebut.

Baca Juga: Yusuf Mansur: Marah-Marah Itu Salah, Saya Salah

Namun dalam salah satu postingan di Instagramnya, @yusufmansurnew, Yusuf Mansur sempat menjawab pertanyaan akun @kopi_petani yang mempertanyakan tentang kasus Matiji.

Menurut Yusuf Mansur, kasus Matiji ini bagian dari narasi yang dibangun untuk menyudutkan dirinya.

“Biasa Bos, narasi. Gpp. Diarsip semua. Pokoknya saya siap salah. Oke Bos? Kalau ketemu-ketemu lagi yang baru, ya itu saya salah. Salah saya. Insyaallah kita rapiin serapi-rapinya. Tanda dah deket juga umur. Warning dari Allah. Sip. Emang kudu siap-siap dijemput ajal. Mudah-mudahan dah kelar semua urusan dunia. Gak ada yang ngeganjel,” tulis Yusuf Mansur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya