SOLOPOS.COM - Petugas menyemprotkan disinfektan di dalam kompleks Puskesmas Tawangmangu pada Senin hingga Selasa (1-2/9/2020). (Istimewa/Dokumentasi Puskesmas Tawangmangu)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Puskesmas Tawangmangu, Karanganyar, mulai Senin (7/9/2020), kembali membuka operasional layanan rawat inap dan persalinan.

Layanan Puskesmas Tawangmangu itu kembali dibuka setelah hasil swab seluruh tenaga kesehatan yang terlibat dalam layanan rawat inap negatif.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Penutupan layanan rawat inap Puskesmas Tawangmangu sebelumnya dilakukan lantaran adanya riwayat pasien positif Covid-19 yang pernah dirawat di tempat tersebut sebelum dirujuk ke rumah sakit pada Rabu (2/9/2020).

Pemeriksaan Kesehatan Cakada 8 Daerah di RSDM Solo

Ekspedisi Mudik 2024

Meskipun layanan rawat inap ditutup, Puskesmas Tawangmangu tetap melayani pasien rawat jalan di instalasi gawat darurat (IGD).

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, Purwati, mengatakan hasil swab 15 karyawan puskesmas tersebut yang termasuk dalam tracing sudah menunjukkan negatif.

Adanya hasil swab tersebut menjadi acuan dibukanya kembali layanan rawat inap dan persalinan yang sebelumnya sempat ditutup.

“Karena kemarin ada pasien positif Covid-19, makanya ditutup dan semua nakes dan karyawan [Puskesmas Tawangmangu] yang terlibat kami isolasi sementara sembari menunggu hasil swab. Sabtu [5/7/2020] hasilnya keluar dan semua dinyatakan negatif. Makanya per hari ini [Senin] kami buka lagi,” ucap dia kepada Solopos.com, Senin.

Bocah Balita Asal Plupuh Sragen Ditemukan Meninggal di Bengawan Solo

Menurutnya, aktivitas di Puskesmas Tawangmangu sudah berjalan normal kembali seperti semula. Semua layanan medis sudah bisa dilayani termasuk persalinan.

“Karena kemarin ada bidan yang diswab juga makanya persalinan sempat ditutup juga. Tapi ini sudah keluar semua dan hasilnya negatif. Jadi termasuk [layanan] persalinan, semua sudah berjalan normal lagi,” imbuh dia.

Tidak Ada Pasien Dipindahkan

Selain hasil swab karyawan yang negatif, Purwati juga menjelaskan selama penutupan layanan rawat inap tidak ada pasien yang dipindahkan.

“Kebetulan sebelumya keadaan ruang rawat inap kosong. Jadi tidak ada pasien lainnya yang ikut diswab atau dipindahkan ke tempat perawatan lainnya karena temuan kemarin,” beber dia.

Bukan Bikin Sehat, Ini Efek Samping Kebanyakan Minum Susu

Disisi lain, 10 orang pasien positif Covid-19 di Karanglo, Tawangmangu, saat ini masih dalam kondisi isolasi mandiri. Menurut Purwati, berdasarkan pantauan tim, kesehatan yang bersangkutan dalam kondisi baik.

Senada, Camat Tawangmangu, Rusdiyanto, mengatakan operasional Puskesmas Tawangmangu sudah kembali normal per Senin setelah hasil swab menyatakan negatif.

“Ada dua dokter, delapan perawat, satu juru masak, dan tiga petugas cleaning service,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya