SOLOPOS.COM - ilustrasi PT PNM (JIBI/Dok)

Solopos.com, JAKARTA–Pusat Investasi Pemerintah (PIP) menggandeng PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menyediakan fasilitas pembiayaan, khususnya bagi pelaku usaha segmen ultra mikro (Umi), sekaligus sebagai upaya dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional.

PIP menandatangani akad perjanjian pembiayaan dengan dengan plafon senilai Rp2,5 triliun, Kamis (28/4/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Utama PIP Ririn Kadariyah menyampaikan akad perjanjian pembiayaan tersebut terdiri atas pembiayaan konvensional dan pembiayaan syariah, yang masing-masing senilai Rp1,25 triliun.

“Dengan pembiayaan tersebut diharapkan mampu membiayai 708.508 nasabah pelaku usaha ultra mikro,” katanya dalam acara Penandatanganan Akad Pembiayaan Ultra Mikro, Kamis (28/4/2022).

Jangka waktu akad PMI dengan PNM tersebut ditetapkan selama 3 tahun. Ririn menyampaikan penyaluran pembiayaan ultra mikro merupakan bentuk dari hadirnya pemerintah dalam mendorong dan mendampingi para pelaku usaha ultra mikro.

Baca Juga: Pembiayaan PNM Solo Tembus Rp615 M, Andalkan Kredit Tanpa Agunan

“Penyaluran pembiayaan Umi ini diharapkan terus memberikan manfaat ekonomi yang optimal dan multiplier effect untuk para pelaku usaha ultra mikro yang dapat dicapai dengan maksimal,” kata dia.

PIP mencatat pembiayaan Umi telah menjangkau 5,5 juta nasabah Umi hingga akhir Maret 2022. Total penyaluran hingga periode tersebut mencapai Rp18,5 triliun.

Pada tahun ini, PIP menargetkan penyaluran pembiayaan kepada sebanyak 2 juta pelaku usaha Umi, melalui 50 lembaga keuangan bukan bank (LKBB).

PIP pun menargetkan leveraging dana kelolaan BLU PIP mencapai 2,3 kali yang diharapkan di akhir tahun ini, sehingga diharapkan dapat memberikan dampak rambatan bagi proses pemulihan ekonomi nasional.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Pusat Investasi Pemerintah Gandeng PNM Sediakan Pembiayaan Ultra Mikro Rp2,5 Triliun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya