SOLOPOS.COM - Pengendara melintas di jalan simpang tiga Kadilangu, Sukoharjo, yang sudah dipasangi barikade, Senin (3/2/2020). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo memasang barikade jalan sepanjang lebih dari 50 meter di dua lokasi yang menjadi jalur pengalihan arus terdampak penutupan kawasan pembangunan flyover Purwosari, Solo.

Barikade jalan dipasang di sekitar Simpang Jlopo hingga Kadilangu dan underpass Makamhaji, Kartasura. Pemasangan barikade jalan di dua lokasi itu dilakukan akhir pekan lalu untuk mengantisipasi penumpukan arus lalu lintas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Langkah ini dilakukan menjelang penutupan kawasan Purwosari, Solo, mulai Rabu (5/2/2020), sesuai hasil rapat koordinasi dengan Dishub Kota Solo dan para stakeholder pada pekan lalu.

Warga Jatim Meninggal Saat Jalani Ritual di Sendang Manten Pringgodani Karanganyar

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Sukoharjo, Ahmad Saryono, mengatakan barikade jalan yang dipasang di sekitar underpass Makamhaji lebih dari 50 meter. Kendaraan bermotor dari arah Pajang-Makamhaji dilarang memutar arah lantaran bisa memicu kemacetan.

“Jalur Pajang-Makamhaji disiapkan hanya untuk kendaraan pribadi. Khusus kendaraan berat bakal dialihkan melewati jalur Grogol-Daleman, Baki,” kata dia saat ditemui Solopos.com di kantornya, Senin (3/1/2020).

Kondisi serupa dilakukan di Simpang Jlopo hingga Simpang Kadilangu, Baki. Dishub Sukoharjo memasang barikade jalan sepanjang lebih dari 50 meter.

Bakul Ondhe-Ondhe Dibacok Dan Dirampas Motornya di Gatak Sukoharjo

Pemasangan barikade dilakukan untuk mengurangi beban kepadatan arus lalu lintas. Apabila terjadi penumpukan kendaraan bermotor petugas bakal menutup jalur menuju Langenharjo dan Kadilangu.

Kendaraan dari arah Daleman dilarang belok kanan menuju Langenharjo. Sedangkan kendaraan dari arah Gedangan dilarang belok kanan menuju Kadilangu.

“Ini opsi rekayasa lalu lintas terakhir jika terjadi kepadatan arus lalu lintas di Simpang Jlopo. Jika kondisi arus lalu lintas normal tidak ada penutupan jalur,” papar dia.

Lebih jauh, Ahmad menjelaskan petugas gabungan dari Dishub Sukoharjo dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukoharjo bakal disebar di sejumlah lokasi ruas jalan. Mereka bakal mengurai kemacetan lalu lintas di sejumlah ruas jalan menuju underpass Makamhaji maupun Simpang Jlopo hingga Simpang Kadilangu.

Makam Mbah Manten di Bawah Pohon Besar di Wonogiri Jadi Simbol Kesetiaan

Sementara itu, Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Marwanto, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas, mengatakan selalu berkoordinasi dengan Dishub Solo saat memberlakukan rekayasa lalu lintas selama pengerjaan proyek pembangunan flyover Purwosari.

Petugas bakal bekerja ekstra keras untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas di sekitar underpass Makamhaji dan Simpang Tiga Jlopo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya