SOLOPOS.COM - Pengendara motor nekat berbalik ke arah kiri di jalan di atas Underpass Makamhaji, sebagai jalan alternatif ke arah Kleco Solo, Rabu (5/1/2020), meski hal itu dilarang. (Solopos-M. Aris Munandar)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Peningkatan kepadatan kendaraan yang melintas di kawasan Tugu Lilin dan Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, mulai terlihat, Rabu (5/2/2020) pagi, bahkan sejak sebelum dilakukan rekayasa lalu lintas sebagai dampak pembangunan Flyover Purwosari Solo.

Arus lalu lintas padat terlihat dari banyaknya kendaraan dari arah Solo menuju Kartasura.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

2 Bengkel di Plumbungan Sragen Ludes Terbakar, 7 Motor Hangus

"Mulai pagi ada peningkatan kendaraan sekitar 50% dibandingkan hari sebelumnya. Terutama dari arah Solo menuju Kartasura," kata Supeltas Tugu Lilin, Herika, saat ditemui , Rabu.

Sementara itu kendaraan dari arah Gentan (selatan), lanjut dia, banyak yang berbelok ke arah barat (Kartasura). Padahal biasanya sebagian kendaraan banyak yang berbelok ke arah timur (Solo).

Air Kolam Renang Tirtomoyo Manahan Solo Kerap Keruh dan Berwarna Hijau, Kenapa Ya?

Kepadatan kendaraan dimulai pukul 06.15 WIB hingga 07.15 WIB. "Meskipun volume kendaraan bertambah, tetapi tidak terjadi kemacetan," kata Herika.

Supeltas Underpass Makamhaji, Sunarto, mengatakan sejak pukul 06.15 WIB terjadi kepadatan arus lalu lintas di kawasan Underpass Makamhaji. Arus lalu lintas mulai renggang pukul 07.30 WIB.

Silent Stroke, Mematikan Tapi Nyaris Tanpa Gejala

"Kepadatan didominasi kendaraan yang dari arah Solo menuju Kartasura, terutama di tanjakan underpass sebelah barat. Untuk dari arah Kartasura menuju Solo relatif lancar," kata dia.

Kepadatan arus lalu lintas di tanjakan sebelah barat, menurut dia, disebabkan banyak pengendara motor yang berbalik arah ke jalur kiri, melewati jalan kecil (jalur alternatif) di sisi atas underpass menuju arah Kleco, Solo.

Konsep Ekosistem Mobil Listrik Pabrikan Korea Selatan

Hal itu dibenarkan oleh salah satu warga Makamhaji, Sutiman, yang sejak pagi berada di ruko sebelah selatan underpass.

"Yang bikin lambat itu motor yang balik arah ke kiri melintasi jalan sisi atas underpass. Padahal ada peringatan tidak boleh melintasi, tetapi mungkin karena pengin jalur cepat sehingga kendaraan bemotor banyak yang melintasi jalur tersebut," kata dia.

Pria Ini Ungkap Kelemahan Google Maps, Apa Itu?

Menurut dia, kepadatan arus lalu lintas sudah ada peningkatan.

"Tidak ada pengalihan arus saja padat apalagi ada pengalihan, tambah padat," kata Sutiman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya