SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat memimpin rapat koordinasi penanganan Covid-19 di kantornya, Senin (5/7/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG – Sejumlah daerah di Jawa Tengah (Jateng) mengalami penurunan level dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Meski demikian, masih ada daerah di Jateng yang berada di level tertinggi, atau level 4, yakni Kabupaten Purworejo dan Kota Magelang.

Sesuai Instruksi Mendagri No. 38/2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2, ada 12 daerah di Jateng yang ditetapkan PPKM Level 2. Sementara PPKM Level 3 diterapkan di 21 kabupaten/kota. Sedangkan PPKM Level 4 masih berlaku di dua kabupaten/kota yakni Purworejo dan Kota Magelang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengatakan pihaknya akan melakukan pendampingan khusus pada dua daerah yang masih berstatus level 4 itu. Tujuannya agar Purworejo dan Kota Magelang segera turun level dan menjadi lebih baik.

“Tentu akan ada pendampingan. Kemarin saya ditelepon pak Menko Marinves [Luhut B. Pandjaitan] soal ini, ada beberapa daerah termasuk Purworejo yang angka kematiannya masih tinggi dibanding daerah lain. Maka perlu kita menyiapkan bantuan dalam bentuk pendampingan, sehingga apa problemnya bisa diselesaikan,” kata Ganjar di kantornya, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Update Covid-19 Indonesia: Hari Ini Kasus Positif Bertambah 10.534

Pendampingan akan dilakukan dengan kerja sama seluruh instansi, termasuk Forkompimda, TNI/Polri dan relawan. Sebab menurutnya, kecepatan penurunan kasus di Jateng karena kerja sama yang bagus di antara mereka.

“Termasuk kita percepat vaksinasi, karena kalau vaksin bisa cepat, ini bisa membantu. Sekarang kan vaksin sudah digas, walaupun masih kurang, namun semangat percepatannya sudah ada. Tinggal kita konsolidasikan agar lebih sistematis dan terstukrut, agar penurunan levelnya lebih cepat,” jelasnya.

Ganjar juga meminta Bupati/Wali Kota di dua daerah itu untuk tetap kencang menerapkan protokol kesehatan. Tidak boleh mereka kendur, karena bisa membuat penanganan tidak cepat selesai.

Baca juga: Ini 4 Daerah di Jateng yang Tak Kebagian Jatah Vaksin Covid-19 Padahal Sangat Membutuhkan

Turun dari PPKM Level 4

“Daerah yang levelnya belum turun itu, saya minta ayo kenceng. Jangan kendur dulu. Sebab nanti rakyatnya pasti akan melirik ke daerah tetanga yang sudah membaik. Kalau tidak dikencengin, ini gawat karena memungkinkan terjadi mobilitas ke daerah lain,” imbuhnya.

Tak hanya ke Purworejo dan Kota Magelang, Ganjar juga meminta seluruh kabupaten/kota tetap disiplin menjaga protokol kesehatan. Sebab saat ini, suasana masyarakat sudah mulai euforia dengan penurunan level di sejumlah daerah.

“Banyak masyarakat yang mulai euforia dan tidak disiplin prokes. Ini hati-hati. Semua daerah tidak boleh kendor dan terus eling lan ngelingke. Daerah-daerah yang sudah bagus, tetap jaga prokes,” tegasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya