SOLOPOS.COM - Calon penumpang berebut masuk bus antar kota dalam provinsi (AKDP) PO Rela rute Solo-Purwodadi di pintu sisi timur Terminal Tirtonadi, Solo, Kamis (5/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Bus bumel di Jawa Tengah atau Jateng menjadi angkutan umum sejuta umat dan tetap dicintai para penggunanya. Lantas seberapa banyak jumlah bus bumel di Jateng?

Bus bumel biasanya adalah bus ekonomi yang kebanyakan belum dilengkapi AC. Susunan bangkunya pun masih memakai gaya lama, yaitu dua di kanan dan tiga di sisi kiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski kini telah banyak bus cepat atau patas dengan berbagai fasilitas apik, bus bumel tetap memiliki penumpang setia. Di Jateng ada banyak bus bumel yang memiliki penumpang setia seperti Rela, Al Amin, Harta Sanjaya.

Ekspedisi Mudik 2024

Populasi bus bumel di Jateng tergolong masih banyak. Bahkan, Jateng merupakan daerah dengan jumlah bus antarkota antarprovinsi (AKAP) terbanyak di Indonesia. Bus Jawa Tengah mencapai 21,4% dari total jumlah bus AKAP di Tanah Air.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam Statistik Perhubungan 2018 disebutkan jumlah bus AKAP di Jawa Tengah mencapai 3.503 unit. Artinya bila dirata-rata, di tiap kabupaten/kota di Jawa Tengah terdapat 100 bus AKAP.

Baca Juga: Miliki Bus Double Decker Terbanyak, Rosalia Indah Raih Rekor MURI

Sedangkan data 2021 dari Dinas Perhubungan Jawa Tengah yang dimuat di laman BPS Jateng, disebutkan bus dalam provinsi dengan kategori lambat atau bumel mencapai 3.759 unit bus. Bus bumel dalam provinsi ini melayani 15.036 rit perjalanan. Sedangkan bus dalam provinsi dengan kategori cepat mencapai 70 unit dengan frekuensi 280 rit.

Sedangkan bus AKAP atau antar provinsi di Jateng dengan kategori ekonomi atau bumel jumlahnya mencapai 402 unit bus dengan frekuensi 804 rit.

Bus nonekonomi atau bus patas yang melayani rute antar provinsi jumlahnya jauh lebih banyak yaitu 2.670 unit bus dengan frekuensi 5.340 rit.

Selain memiliki jumlah bus bumel dan patas yang cukup banyak, Jateng juga memiliki perusahaan otobus atau PO yang cukup banyak. Tercatat ada 326 PO yang tersebar di 35 kabupaten dan kota.

Baca Juga: Deretan Bus Sejuta Umat di Jateng, Meski Bumel Tetap Dicinta

Daerah dengan PO terbanyak adalah Banjarnegara yang punya 33 perusahaan, kemudian disusul Boyolali 21 PO dan Magelang 18 perusahaan otobus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya