SOLOPOS.COM - Punya mertua jahat bisa mempengaruhi keharmonisan Anda dan pasangan. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO-Bukan hanya di kisah sinetron, di kehidupan nyata tak sedikit  orang punya mertua jahat (toxic) dan licik sehingga berdampak buruk pada kesehatan mental mereka dan keluarga. Bagaimana cara menghadapinya?

Mertua yang jahat dan licik tidak takut melakukan tindakan yang melewati batas. Dia juga akan membuat Anda menyesali keputusan untuk pernah menikah dengan anaknya.  Nah agar rumah tangga Anda dan pasangan tetap harmonis, sebaiknya ketahui bagaimana cara Anda menghadapi mertua seperti itu dengan bijaksana?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut ini sejumlah tips menghadapi mertua yang jahat dan licik seperti dilansir dari Times of India dan Bisnis.com, Minggu (3/10/2021):

1. Jangan Biarkan Mertua Membagi dan Memerintah

Ini merupakan trik pertama menghadapi mertua jahat dan licik yang bisa Anda terapkan untuk menyelamatkan perkawinan Anda. Banyak mertua mencoba untuk melawan menantu dengan menggunakan kebijakan membagi dan memerintah.

Baca Juga: Anak Nia Daniaty Pernah Dilaporkan ke Polisi Atas Kasus-Kasus Ini

Untuk menghindari keadaan seperti itu, Anda dan pasangan harus selalu bersatu. Pastikan Anda tidak meninggalkan celah untuk miskomunikasi dengan suami/istri. Jaga aturan di antara Anda berdua bahwa Anda harus membicarakan apa pun yang mengganggu Anda, tidak peduli seberapa kecil atau tidak penting.

2. Monitor Reaksi.

Reaksi Anda lebih lanjut dapat memicu pertengkaran dengan mertua. Alih-alih memberi mereka bahan bakar dan membiarkan mereka menyalahkan Anda, tetap sabar atau mantra apa pun agar Anda tetap tenang.

3. Tetapkan Batasan

Di banyak rumah tangga, terkadang Anda harus benar-benar duduk dan menggambar garis batas dengan mertua. Anda dan pasangan tidak bisa membiarkan orang lain memutuskan jalan hidup Anda dan keluarga. Duduk bersama, bisa sambil minum teh dan jelaskan kepada mereka bahwa ada keputusan tertentu dalam hidup Anda.

Baca Juga: Beraktivitas di Luar Ruangan dan Terkena Sinar Matahari Naikkan Mood

Pastikan tidak ada orang ketiga yang dapat mengganggu, meskipun dia mertua Anda. Cara lain. Anda mengatakan “ya” untuk segalanya, tetapi melakukan apa yang Anda suka. Itu membuat kedamaian di rumah. Anda pun tetap melakukan apa yang Anda inginkan.

4. Tebal Kuping

Hal ini memang sulit dilakukan, tetapi penting untuk melakukannya kadang-kadang. Beberapa orang suka mendapatkan perhatian Anda dan sekitarnya. Jika Anda merasa terluka bahkan menangis gara-gara dengan omongan mertua, hal itu akan membuat mereka merasa baik. Jadi apa yang Anda lakukan ketika mereka mencoba yang terbaik? Anda tidak membiarkannya memukul Anda! Jangan percaya pada kata-kata mereka karena Anda tahu kebenaran yang sesungguhnya. Memang sulit pada awalnya, tetapi Anda akan perlahan-lahan menguasainya.

5. Independen

Ada beberapa orang tua yang suka mengasuh anaknya, walaupun sudah cukup umur untuk memiliki keluarga sendiri. Jika itu mengganggu Anda, tunjukkan kepada mereka bahwa Anda mandiri dan cukup dewasa untuk mengambil keputusan. Jika Anda membuat keputusan yang salah, Anda belajar darinya dan bangkit kembali. Ikuti saran mertua karena mereka memiliki lebih banyak pengalaman dalam hidup. Namun, ingat bahwa keputusan akhir ada di tangan Anda.

6. Jangan Bergosip

Anda tidak dapat secara fisik menutup mulut mertua sehingga yang dapat dilakukan adalah memberi tahu mereka bahwa Anda sangat menyadari apa yang telah terjadi. Tanyakan apakah ada kesalahan yang Anda lakukan? Apakah Anda dapat memperbaikinya dalam batas kemampuan Anda? Katakan kepada mertua bahwa jika mereka memiliki masalah dengan Anda maka mereka harus datang langsung kepada Anda untuk menghindari kesalahpahaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya