SOLOPOS.COM - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA-- Dinasti keluarga Saud yang menguasai Arab Saudi menjadi keluarga kerajaan terkaya di dunia. Bahkan, kerajaan ini disebut lebih kaya raya dibandingkan keluarga kerajaan Inggris.

Dilansir detikcom dari The Richest, Jumat (12/3/2021), keluarga Saud yang dipimpin Raja Salman memiliki kekayaan mencapai US$1,5 triliun. Bila dirupiahkan dalam kurs Rp14.000 jumlah kekayaan keluarga ini mencapai Rp21 kuadriliun (Rp21.000 triliun).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagai perbandingan, keluarga kerajaan Inggris cuma memiliki harta kekayaan sebesar US$ 88 miliar atau sekitar Rp1,23 kuadriliun.

Baca Juga: MU Diimbang AC Milan, Solskjaer Gusar Pioli Senang

Ekspedisi Mudik 2024

Keluarga kerajaan Arab Saudi ini memiliki anggota sekitar 15.000 orang, tetapi hanya 2.000 anggota saja yang memiliki sebagian besar kekayaan kerajaan.

Kekayaan kerajaan ini mulai berkembang sebagai bagian dari kekaisaran ini pada tahun 1700 sejak didirikan oleh Raja Abdulaziz bin Saud.

Harta sebesar itu didapatkan keluarga Saud dari pendapatan produksi minyak. Keluarga kerajaan mengontrol perusahaan minyak milik negara bernama Saudi Aramco.

Baca Juga: KAI Daops VI Operasikan KA Jarak Jauh Tambahan, Ini Jadwalnya

Cadangan Minyak

Aramco adalah penghasil cadangan minyak mentah terbesar kedua, perusahaan ini merupakan penghasil minyak harian terbesar.

Kepemilikan aset terbanyak kekaisaran ini adalah milik Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud, putra mahkota pewaris kerajaan Mohammad bin Salman, dan keponakannya Pangeran Alwaleed bin Talal.

Dengan kekayaan ini, keluarga Saud memiliki sederet istana megah. Raja Salman diketahui memiliki setidaknya empat istana megah nan mewah. Salah satu istananya adalah Istana Murabba yang memiliki 32 kamar dan sekitar tujuh halaman.

Baca Juga: Dorong Penguatan Ekonomi Masyarakat, OJK Resmikan 2 Bank Wakaf Mikro Di Solo

Istana kedua yang dimilikinya ini disebut Istana Al Yamama, memiliki sekitar 400 kamar. Ada lagi Istana Riyadh, istana ini juga merupakan markas kerajaan, dengan kamar-kamar yang memiliki lampu gantung yang indah dan dekorasi emas dan luar biasa karena delapan lantai marmernya.

Yang terakhir ada Istana Erga, yang terkenal dengan lantai mozaiknya yang menakjubkan dan ukiran unik di langit-langitnya yang tinggi dan dindingnya yang besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya