SOLOPOS.COM - Wisatawan mencoba Jembatan Girpasang sambil menikmati suasana sejuk pegunungan di Kemalang, Klaten. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso).

Solopos.com, KLATEN — Destinasi wisata di Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten memuncaki nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022. Kini, Girpasang terus bersolek hingga terus dibanjiri pengunjung, baik dari Klaten maupun luar Klaten.

API Award digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Girpasang masuk 10 besar nominasi kategori dataran tinggi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tahapan voting sudah dibuka sejak 1 Juni 2022 dan berlangsung hingga 31 Oktober 2022. Dari hasil penilaian sementara pada periode voting 1 Juni 2022 hingga 30 September, Girpasang menempati posisi pertama dari 10 nominasi kategori dataran tinggi.

Girpasang merupakan dukuh di punggung bukit lereng Gunung Merapi, tepatnya di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang. Perkampungan itu dihuni sekitar 12 keluarga.

Girpasang terpisahkan jurang dengan perkampungan lainnya di Tegalmulyo. Sebelumnya, satu-satunya akses menuju kampung itu berupa anak tangga di tepian jurang yang dikenal dengan nama 1.001 anak tangga.

Baca Juga: Wisata Girpasang Klaten Masuk Nominasi API Award 2022, Ayo Dukung Lur!

Belakangan, ada beberapa akses yang bisa digunakan menuju kampung itu. Ada gondola penumpang terbentang sejauh 138 meter di atas jurang sedalam 150 meter antara Dukuh Ngringin dan Dukuh Girpasang. Gondola penumpang itu mulai dioperasikan sejak 2021.

Kemudian, ada jembatan gantung yang dibangun pemerintah pusat terbentang sejauh 120 meter di atas jurang sedalam 150 meter antara Dukuh Ngringin dan Girpasang. Jembatan gantung itu diresmikan pada 20 Januari 2022.

Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tegalmulyo, Purnama, menjelaskan wisata Girpasang mulai berkembang seiring ada penambahan fasilitas gondola penumpang hingga jembatan gantung yang terbentang di atas jurang menuju Girpasang. Ada beberapa spot selfie di kawasan Girpasang salah satunya yang terbaru yakni spot selfie Perahu Bibi yang dikelola warga Girpasang.

Selain menikmati keindahan alam kawasan Girpasang dan sekitarnya yang masih asri, pengunjung bisa menikmati kuliner di kawasan Girpasang dan sekitarnya. Warung-warung kopi bermunculan. Di Dukuh Girpasang, ada menu nasi jagung dan ingkung bikinan warga di warung yang didirikan warga di Girpasang.

Baca Juga: Tempat Wisata Girpasang Klaten Diserbu Ribuan Wisatawan

Purnama menjelaskan kunjungan  wisatawan ke Girpasang hingga kini masih tinggi. Per bulan, jumlah kunjungan dari belasan ribu orang hingga ribuan orang.

“Terakhir kami laporkan ke dinas untuk kunjungan selama September 2022 sebanyak 6.000 orang,” kata Purnama, kepada Solopos.com, Kamis (6/10/2022).

Kini, Girpasang yang berada di ketinggian 1.100-1.200 meter di atas permukaan laut (Mdpl) itu menyuguhkan panorama berbeda terlebih setelah jembatan gantung Girpasang dihiasi indahnya lampu warna-warni saat malam hari.

“Sekarang itu banyak pengunjung yang datang justru saat sore dan menikmati suasana malam di Girpasang. Saat kondisi cuaca cerah, pemandangannya luar biasa didukung gemerlap lampu kota,” kata Purnama.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 5 Tempat Wisata di Kemalang Klaten

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho, mengatakan hingga kini upaya untuk menggenjot dukungan terus dilakukan. Disbudporapar membikin surat edaran salah satunya mengajak sekolah-sekolah guna memberikan voting untuk dua destinasi wisata tersebut.

Selain Girpasang, dukungan voting juga ditujukan Kali Talang Bikepark di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang. Sementara ini, Kali Talang Bikepark menduduki posisi keempat dari 10 nominasi kategori wisata olahraga dan petualangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya