SOLOPOS.COM - Kirab hasil bumi dalam rangka puncak kegiatan bersih desa digelar di Desa Sumur, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, digelar secara sederhana, Rabu (29/9/2021). (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI—Tradisi bersih desa digelar secara sederhana di Desa Sumur, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, Rabu (29/9/2021). Pada acara itu turut ditampilkan kirab hasil bumi hingga kesenian lokal, meski hanya dalam durasi waktu pendek.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, puncak kegiatan tersebut dipusatkan di Balai Desa setempat pada Rabu siang. Namun kirab hanya diikuti oleh perwakilan warga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Protokol kesehatan juga dijaga dengan memakai masker atau face shield. Tamu di lokasi juga dibatasi. Hanya ada satu tumpeng besar hasil bumi seperti sayur dan buah yang ditandu empat orang pria berpakaian warok.

Baca Juga: Selamat! Kadisdik Klaten Jadi Direktur Pembinaan SMK Kemendikbudristek

Tumpeng atau gunungan tersebut ditandu dan diarak dengan jarak sekitar 50 meter menuju pendapa Kantor Desa Sumur. Selain empat warok pembawa gunungan juga ikut dalam iring-iringan tersebut para penari topeng ireng dan cakil.

Kirab dipimpin oleh Kepala Desa Sumur, Siti Prihatin. Sesampai di pendapa kantor desa, tumpeng diletakkan di meja khusus. Kemudian para penari menunjukkan atraksinya secara terbatas dan bergantian.

Siti mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk pelestarian budaya lokal. Kegiatan bersih desa rutin dilakukan di desa tersebut. Biasanya di setiap RT akan menggelar pertunjukan seni.

Baca Juga: Didanai BTT, Pengusaha Kecil Klaten akan Terima Bantuan Modal Usaha

“Biasanya setelah masa panen, warga kami biasa setiap tahun mengadakan bersih lingkungan dan menggelar hajatan di masing-masing RT,” kata dia, Rabu (29/9/2021).

Namun selama masa pandemi, kegiatan tersebut dibatasi. Tahun ini, juga hanya dilakukan secara sederhana di kantor desa saja.

“Melalui kegiatan ini, kami beserta warga juga berharap semua warga diberi kesehatan, kelancaran segala urusannya serta berharap pandemi Covid-19 segera berakhir agar warga bisa beraktivitas normal kembali,” kata dia, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya