SOLOPOS.COM - Petugas Puskesmas Umbulharjo melakukan tes swab antigen kepada pedagang, juru parkir dan tenaga lapangan di sekitar lokasi GL Zoo, Kamis (30/12). (Harian Jogja/Yosef Leon)

Solopos.com, JOGJA — Gembira Loka (GL) Zoo memprediksi puncak kunjungan wisatawan pada masa libur akhir tahun nanti bisa mencapai 5.000-6.000 kunjungan per hari ke wahana kebun binatang di Jogja tersebut. Lonjakan wisatawan telah mulai dirasa sejak pertengahan Desember ini menyambut masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Manajer Pemasaran GL Zoo, Yosi Hermawan mengatakan, musim liburan akhir tahun ini lonjakan kunjungan bahkan mencapai 100 persen dibandingkan dengan hari biasa. Hanya saja, pihaknya memastikan bahwa aturan pembatasan kuota sebanyak 50 persen masih berlaku dan jumlah itu masih sangat jauh dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kalau untuk peningkatan selama Nataru itu kita harian meningkat 100 persen dan kalau indikator kami itu tidak lebih dari kapasitas 50 persen. Kalau biasanya di angka 1.000 sekarang harian bisa capai 2.000 an. Jadi masih kondisional dengan kapasitas dan pengamanan di Gembira Loka Zoo dan kami pun tetap menjaga soal prokes,” katanya, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Malam Tahun Baru 2022, Titik 0 Km Jogja Ditutup

Yosi menyebut, kunjungan ke Gembira Loka itu masih didominasi oleh pengunjung keluarga. Kebanyakan berasal dari luar daerah dan sekira 20 persen wisatawan berasal dari dalam DIY. Dengan aturan pembatasan yang tidak lagi seketat di masa seperti akhir tahun lalu, pihaknya optimistis. Bahwa penyebaran Covid-19 bisa ditekan dengan memaksimalkan prokes dan juga pengawasan.

“Prediksi puncak kami nanti bisa di angka 5.000-6.000 pada awal tahun nanti, karena secara tidak langsung kan berbeda dengan tahun lalu ya, sekarang kondisinya juga kasus sudah landai dan vaksinasi sudah tinggi,” ungkapnya.

Baca juga: Jumlah Wisatawan Meningkat, Pemkot Jogja Batasi Pengunjung

Pada kesempatan itu, Satgas Covid-19 Kemantren (Kecamatan) Umbulharjo bekerja sama dengan Kotagede dan Puskemas setempat juga melakukan tes swab antigen acak. Sasarannya petugas lapangan, pedagang dan juru parkir yang biasa beroperasi di kawasan Gembira Loka Zoo. Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa penularan Covid-19 bisa dicegah terutama di kawasan wisata.

“Hari ini kita ambil sampling sebanyak 30 orang, kemudian petugasnya dari Puskemas Umbulharjo. Jadi kita rasa perlu bahwa pengunjung ke tempat wisata merasa aman dan nyaman serta sehat sehingga para pengunjung bisa aman dan lebih nyaman berada di tempat wisata,” kata Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya