SOLOPOS.COM - Salah seorang wartawan mengikuti vaksinasi Covid-19 di RSIA Aisyiyah Klaten, Sabtu (27/2/2021). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Sebanyak 29 wartawan yang bertugas di Klaten, Jawa Tengah, divaksin Covid-19 di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Aisyiyah Kabupaten Bersinar, Sabtu (27/2/2021).

Para wartawan, termasuk di Klaten, menjadi skala prioritas vaksinasi Covid-19 lantaran dinilai memiliki mobilitas tinggi dan sering bertemu dengan orang banyak dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pantauan Solopos.com, vaksinasi Covid-19 di RSIA Aisyiyah Klaten dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Setiap wartawan diwajibkan memakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 27 Februari 1900 FC Bayern Munchen Terbentuk

Begitu wartawan yang bertugas di Klaten masuk ke kompleks RSIA Aisyiyah Klaten, mereka didata petugas jaga. Selanjutnya, wartawan yang akan divaksin harus melalui meja 1 (pendaftaran) kemudian meja 2 (skrining).

Di tahap ini, wartawan yang akan divaksin dicek petugas terkait suhu dan tekanan darah. Di samping itu ditanya pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19, memiliki riwayat alergi obat, dan lainnya.

Jika sudah melewati seluruh tahapan itu, setiap wartawan langsung disuntik vaksin Covid-19. Sebaliknya, wartawan yang memiliki tensi tinggi tidak diperkenankan mengikuti vaksin Covid-19.

Baca juga: Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang Ditangkap KPK Punya Harta Rp51,3 Miliar

Terdapat satu wartawan yang memiliki tensi tinggi. Berikutnya, satu orang wartawan tidak ikut vaksin Covid-19 karena habis minum obat dan seorang wartawan tidak hadir saat divaksin-19.

Tinjauan Anggota DPRD Jateng

Terhadap tiga wartawan yang tidak jadi mengikuti vaksin Covid-19 akhirnya diganti tiga wartawan lain yang dinilai sudah siap menjalani vaksin Covid-19.

"Hari ini ada 29 wartawan yang disuntik vaksin Covid-19. Nantinya, di tahap II ada 19 wartawan yang akan divaksin," kata salah seorang staf Subag Analisis Kemitraan Media Bagian Humas Setda Klaten, Paidi, saat ditemui Solopos.com, di RSIA Klaten, Sabtu.

Baca juga: Pemkab Klaten Pastikan PPKM Mikro Diperpanjang, Begini Skenarionya...

Di kesempatan yang sama, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada wartawan ditinjau anggota DPRD Jateng, Kadarwati. Di hadapan juru warta, Kadarwati mengatakan pemberian vaksin Covid-19 menjadi bagian memutus mata rantai Covid-19.

"Saya mendengar hari ini para wartawan mengikuti vaksin Covid-19. Wartawan itu selalu kontak dengan masyarakat banyak. Vaksin ini untuk mengendalikan dampak virus corona," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya