Puluhan Rumah di Baron Solo Terendam Banjir, Belasan Orang Mengungsi

Sekitar 60 keluarga di RW 006 Kampung Baron, Bumi, Laweyan, Solo, tergenang banjir akibat luapan Kali Jenes saat hujan deras, Jumat (21/1/2022) sore hingga malam.
SHARE
Puluhan Rumah di Baron Solo Terendam Banjir, Belasan Orang Mengungsi
SOLOPOS.COM - Air banjir luapan Kali Jenes menggenangi rumah warga Kampung Baron, Bumi, Laweyan, Solo, Jumat (21/1/2022) malam. (Istimewa/Muh Al Amin)

Solopos.com, SOLO — Banjir akibat luapan Kali Jenes saat hujan deras pada Jumat (21/1/2022) sore hingga malam merendam puluhan rumah di Kampung Baron, Kelurahan Bumi, Laweyan, Solo.

Sebagian warga mengungsi ke posko yang disediakan di antaranya di Masjid Nur Khasanah. Anggota DPRD Solo Muh Al Amin sempat berkeliling ke beberapa wilayah yang terdampak banjir.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Baca Juga: Kali Jenes Meluap, Pajang Solo Banjir dengan Ketinggian sampai 1 Meter

“Saya sempat ke RW 006 Kampung Baron. Ketinggian air masuk rumah warga ada yang sampai 2 meter karena posisi rumah di bawah normal. Ini sebagian warga mengungsi, terutama warga lansia dan anak-anak. Ada belasan orang,” ujar Al Amin saat dihubungi Solopos.com, Jumat malam.

Berdasarkan data yang diperoleh Al Amin, total ada 60 keluarga dengan 200-an jiwa yang terdampak banjir di Kampung Baron, Solo. Menurut informasi dari warga, air mulai masuk rumah sekitar waktu Magrib. Rata-rata ketinggian air hampir mencapai pinggang orang dewasa.

Baca Juga: Banjir di Laweyan Solo Meluas, Air Sempat Masuk ke Pasar Jongke

Sementara itu, Amung Palimirma Adi dari SAR Rajawali Merah Putih mengungkapkan sekitar pukul 22.42 WIB genangan air di Pajang hingga Baron mulai surut. Namun begitu, Amung bersama seluruh tim yang bertugas masih siaga sebab ada infomasi hujan kembali turun di Boyolali.

“Karena kiriman air [banjir] dari Boyolali, dan ini dapat informasi Boyolali hujan kembali, teman-teman masih siaga,” kata Amung saat dihubungi Solopos.com, Jumat malam.

Baca Juga: Pelaksana Proyek Pasar Legi Solo Buka Suara soal Tempias dan Banjir

Tim rescuer berjaga di dekat SPBU Laweyan. Belum ada infomasi pasti jumlah warga terdampak banjir yang mengungsi karena pemukiman sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Jenes banyak yang terendam banjir. Amung menambahkan pendataan pengungsi masih dilakukan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago