SOLOPOS.COM - Ilustrasi angin kencang. (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, KULONPROGO — Puluhan pohon di Kulonprogo, DI Yogyakarta, tumbang setelah diterjang angin kencang, Rabu (8/6/2022) sore. Bahkan ada satu rumah yang rusak parah karena tertimpa pohon tumbang.

Staf Humas PMI Kabupaten Kulonprogo, Wisnu Rangga, mengatakan ada sembilan titik pohon tumbang di Sigran, Kalurahan Tirtorahayu, Kapanewon Galur. Kemudian ada tiga titik di Bumirejo, Kapanewon Lendah. Di jalur utama Jogahan Bumirejo terjadi pohon tumbang dan menimpa kabel listrik.
“Angin memang cukup kencang di sekitar Kapanewon Lendah, Galur sekitar satu jam. Laporan bencana yang masuk ke PMI  Kulonprogo langsung ditangani oleh relawan PMI,” ungkapnya kepada Harian Jogja, Kamis (9/6/2022).

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Wisnu menyebut pohon tumbang yang menimpa kabel listrik sangat berat. Sehingga untuk menanganinya relawan PMI melakukan kolaborasi dengan dengan Komunitas Jeep 4×4 rescue. Pembersihan lokasi dilakukan dengan menggunakan derek elektrik portable yang terpasang di bumper-bumper armada off road mereka.

“PMI Kulonprogo menerjunkan 3 armada dan 15 personel untuk melakukan penanganan di lokasi bersama dengan BPBD Kulonprogo,” jelasnya.

Baca Juga: Seorang Remaja di Kulonprogo Tewas Tersambar Petir Usai Bermain Bola

Dia mengatakan PMI Kulonprogo sudah menyiapkan tim untuk bersiaga. Sehingga saat ada laporan masuk langsung turun ke lapangan dan melakukan evakuasi. Serta melakukan koordinasi kepada instansi terkait yang terdampak bencana seperti BPBD.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kulonprogo, Joko Satyo Agus Nahrowi mengatakan petir juga menyambar jaringan listrik di Pusdalops BPBD.  Sehingga Pusdalops saat ini lumpuh.

“Hujan disertai angin terjadi di wilayah Lendah dan Galur hingga banyak pohon tumbang menutup jalan dan menimpa rumah,” tuturnya.

Baca Juga: 116 Sapi di Kulonprogo Positif PMK, Sebagian Besar Ambil dari Jatim

BPBD Kulonprogo menghimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berlindung di bawah bangunan yang aman saat terjadi hujan badai disertai petir. Juga memperhatikan sekitar rumah jika ada pohon yang berpotensi tumbang dan menimpa rumah.

“Segera potong atau pangkas dahan dan rantingnya untuk mengurangi risiko roboh,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Puluhan Pohon Tumbang akibat Hujan Badai di Kulonprogo 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya