SOLOPOS.COM - Petugas berjaga di area Asrama Haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Sabtu (17/7/2021). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Rumah Sakit atau RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Donohudan Boyolali sudah mulai beroperasi sejak pekan lalu. RS khusus pasien gejala ringan dan sedang itu didukung tenaga kesehatan (nakes) dari RSUD dr Moewardi (RSDM) Solo.

“Nakesnya sebagian dari RSDM, supervisor, dan juga sukarelawan yang sudah terlatih. Jumlahnya sekitar 40 orang, itu termasuk nakes dan sukarelawan. Ini lantai I sudah dioperasikan,” terang Direktur RSDM Solo, Cahyono Hadi, kepada wartawan, Minggu (8/8/2021).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Nakes dan sukarelawan itu ada spesialis penyakit dalam, spesialis paru, dan yang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19. Saat ini, lantai I RS darurat Asrama Haji Donohudan mengoperasikan 40 bed dan delapan HCU (high care unit).

Baca Juga: Belum Beroperasi, RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Donohudan Tunggu Alat-alat Kesehatan

“Jadi RS AHD diperuntukkan pasien gejala ringan dan sedang, bila nanti sudah menjadi berat akan dilarikan ke RSDM. Nakes dari RSDM akan diterjunkan hingga pandemi berakhir dan akan dibantu semuanya. Dokter spesialis bisa bolak-balik ke RSDM dengan sistem sif di RS AHD dan RSDM,” bebernya.

Nakes tersebut hanya membantu lantaran RS Darurat tak bisa merekrut sukarelawan sendiri. Waktu yang mepet dan proses cukup lama mengurungkan niat tersebut.

Alat-Alat Kesehatan

Penjadwalan sif akan diatur untuk penanganan pasien baik di RSDM dan RS AHD. Fasilitas RS darurat Asrama Haji Donohudan meliputi tabung oksigen, oksigen sentral, HNFC (Alat Terapi Oksigen Aliran Tinggi). Selain itu apabila ada yang membutuhkan ventilator akan dilarikan ke RSDM.

Baca Juga: Pembangunan RS Darurat Asrama Haji Donohudan Ditarget Selesai 5 Agustus 2021

“Saat ini pasien yang sudah melandai, tapi kami sedia payung sebelum hujan, dan juga ada yang sudah bisa lanjut isolasi mandiri. Kemudian, mereka yang mengalami gejala ringan bisa langsung dilarikan RS AHD. Keterisian bed isolasi RSDM sudah turun dan tinggal terisi 240-an unit,” terang Cahyono.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, membenarkan informasi tersebut. “Lantai I [RS darurat Asrama Haji Donohudan] bisa operasional. Isotank, HCU sudah terpasang, nakes dari RSDM. Operasional tiga lantai dalam waktu dekat,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya