SOLOPOS.COM - Peserta unjuk gigi saat lomba pop singer di The Park Mall Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Minggu (26/6/2002). (Istimewa-Ashadi)

Solopos.com, SUKOHARJO – Puluhan guru dan pelajar di Soloraya mengikuti lomba pop singer Pancasila dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Minggu (26/6/2022), di The Park Mall, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo. Peserta diwajibkan menyanyikan lagu bernuansa nasionalisme untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupans sehari-hari.

Lomba pop singer Pancasila itu bagian dari Sukoharjo Makmur Festival yang merupakan rangkaian kegiatan Presidensi G20 di Sukoharjo. Selama dua hari, tiga duta besar dari anggota G20 mengunjungi sejumlah desa wisata di Sukoharjo dan menghadiri Sukoharjo Makmur Festival di The Park Mall, Solo Baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketiga duta besar itu masing-masing Duta Besar Mozambik, Belmiro Jose Malat; Duta Besar Nigeria, Usman Ari Ogah, dan Duta Besar India, Manoj Kumar Bharti.

Ketua panitia lomba pop singer Pancasila, Ashadi, mengatakan para peserta tak hanya berasal dari Sukoharjo melainkan daerah lain di Soloraya. Dia menambahkan peserta dibagi tiga kategori yakni pelajar SMP, SMA, dan guru. Jumlah peserta kategori pelajar SMP sebanyak 47 orang, pelajar SMA sebanyak 20 orang, serta guru sebanyak 33 orang.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami ingin menanamkan dan membangkitkan nilai-nilai Pancasila melalui lomba pop singer. Sekaligus bagian upaya promosi saat kegiatan rangkaian presidensi G20 di Sukoharjo,” kata dia sesuai rilis yang diterima Solopos.com, Senin (27/6/2022).

Baca juga: Warga Sukoharjo Mandiri Energi Manfaatkan Kotoran Sapi Piaraan Sendiri

Menurutnya, masing-masing peserta diberi kesempatan menyanyikan dua lagu dalam lomba pop singer tersebut. Dua lagu itu terdiri dari lagu wajib dan lagu pilihan. Lagu wajib yang dinyanyikan bernuansa nasionalisme. Sementara untuk agu pilihan ada 15 lagu bernuansa cinta Tanah Air yang bisa dipilih setiap peserta.

Lomba pop singer tersebut, lanjut Ashadi, merupakan upaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo guna mendukung penguatan karakter pelajar sesuai program pelajar Pancasila. “Harapan kami para generasi muda mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujar dia.

Sementara itu, Asisten Manajer Penerbit Erlangga, Arif, yang mendukung event itu mengatakan lomba pop singer juga menjadi ajang pencarian bakat dan talenta penyanyi muda di Soloraya. Para pelajar yang hobi menyanyi bisa mengeksplorasi potensi diri dalam lomba tersebut. Dia mendukung kegiatan positif yang bertujuan membangkitkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Sejarah Desa Kenokorejo Sukoharjo Bermula dari Ide Demang Reksoko

Inilah para juara lomba pop singer Pancasila yang dilaksanakan di The Park Mall:

-Kategori SMP: Vivian Nyssa Lucida dari SMPN 10 Solo
-Kategori SMA: Stephanie Mora AS dari SMAN 6 Solo
-Kategori Gur : Frikli Hapsari dari SMPN 1 Solo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya