SOLOPOS.COM - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tempat Nur Riska Fitri Aningsih, mahasiswi yang meninggal dunia di tengah perjuangan minta keringanan UKT/biaya kuliah. (Bisnis.com)

Solopos.com, SLEMAN — Puluhan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi menggelar aksi demonstrasi di depan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Aksi ini menuntut supaya UNY segera memperbaiki sistem uang kuliah tunggal (UKT) yang dinilai memberatkan mahasiswa.

Koordinator Umum Aksi, Rian Santula, mengatakan aksi ini merupkan solidaritas dalam mendukung perjuangan mahasiswa UNY. Aksi demonstrasi ini juga menjadi pemantik awal dalam menuntut perbaikan sistem UKT. Selain itu juga menjadi momentum sepuluh tahun pemberlakuan UKT di Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Aksi ini sudah tiga hari lalu kami koordinasikan dengan teman-teman. Mereka bilang butuh solidaritas teman-teman untuk lebih menyemangati dalam hal memperjuangkan UKT. Ini aksi gabungan dari beberapa kampus,” ucapnya, Kamis (19/1/2023).

Rian juga mengkritis sistem otonomi melalui Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Dalam sistem tersebut, seolah negara lepas tangan karena mendorong kampus mengelola lembaga-lembaga usahanya sendiri.

Menurut dia, negara seharusnya menjalankan amanat dalam Pasal 31 Undang-Undang Dasar 1945. Dalam pasal itu jelas menyatakan setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.

“Tanggung jawab negara mendukung dan memberikan pendidikan yang layak bagi masyarakat. Kami menagih di sana,” jelas dia.

Bukan hanya melakukan aksi di Jogja, pihaknya juga berencana menggelar aksi lanjutan di Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) di Jakarta pada Februari 2023.

“Aksi ini akan dilakukan di Jakarta yaitu datang ke kantor Pak Nadiem [Mendikbud]. Masih riset pengumpulan data berapa yang masih terkendala soal pembayaran UKT di UNY,” kata Rian.

Rahmat Ganta Semendawi pemilik akun @rgantas yang sempat viral menceritakan perjuangan Nur Riska Fitri meminta keringanan UKT. Dia menyebut semua tulisan yang buat bisa dipertanggungjawabkan.

“Sekarang ada 1.000 mahasiswa UNY yang mengalami kesulitan UKT menurut data UNY Bergerak. Menurut saya lebih baik kita perjuangkan hal tersebut,” ucapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Mahasiswa Demo di UNY Tuntut Perbaikan UKT, Buntut Kasus Sulitnya Bayar Uang Kuliah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya