SOLOPOS.COM - Koper jamaah haji embarkasi solo (SOC 1) yang sudah diperiksa dan akan pulang perdana ke Tanah Air pada Jumat, 15 Juli 2022. (ANTARA/HO.MCH2022)

Solopos.com, ARAB — Puluhan koper jemaah haji Indonesia terpaksa dibongkar petugas Air Gate, perusahaan kargo yang ditunjuk maskapai Garuda Indonesia untuk melakukan pemeriksaan dan pengiriman barang jemaah, karena membawa air zamzam.

“Dari hasil pemeriksaan x-ray terhadap 393 koper jamaah Kloter Padang 1. Ada 50 koper kedapatan berisi air zamzam,” kata Kepala Seksi Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan (Yanpul), PPIH Daerah Kerja Bandara, Edayati Dasril, di gudang Air Gate, Mekah, Rabu (13/7/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koper-koper tersebut milik jemaah haji yang merupakan kloter pertama yang akan pulang ke Indonesia pada Jumat (15/7/2022). Eda mengatakan air zamzam ditemukan dalam jumlah beragam di setiap koper. Mulai dari beberapa botol sampai ada yang membawa dua liter.

Ekspedisi Mudik 2024

Dia berharap akan semakin sedikit temuan air zamzam di dalam koper bagasi jemaah haji. Sebab, pihaknya terus melakukan sosialisasi sejak dari tanah air bahwa tidak diperbolehkan membawa air zamzam di dalam bagasi tercatat.

Larangan membawa air zamzam di dalam bagasi tercatat sesuai aturan keamanan dan keselamatan penerbangan, General Authority of Civil Aviation (GACA). Jemaah haji tidak boleh memasukkan air zamzam ke bagasi.

Baca Juga : Pemulangan Jemaah Haji Jumat Ini, Kloter 1 Embarkasi Solo yang Pertama

“Penerbangan cukup lama. Kalau ke Jakarta saja butuh waktu kurang lebih 9 jam. Ke Solo sekitar 10 jam. Ke Makassar sampai 12 jam. Jadi ini berpotensi pecah dan merembes yang bisa membahayakan penerbangan. Kami tetap mengacu aturan keselamatan dan keamanan penerbangan,” tegasnya.

Kalau pun nanti di dalam pemeriksaan x-ray ternyata ada air zamzam yang lolos di dalam bagasi maka di General Investigation Directorate (GID) akan tetap ditemukan. Jika ditemukan di GID maka truk pengangkut koper jemaah akan dibawa lagi ke Airgate untuk dibersihkan kembali.

Hal ini akan berakibat pada keterlambatan pesawat. Sesuai protap, 12 jam sebelum terbang seluruh bagasi jemaah sudah dimuat dalam pesawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya