Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Puluhan Karyawan BUMN 3 Hari di Pura Mangkunegaran Solo, Ada Acara Apa?

Karyawan BUMN berada di Pura Mangkunegaran Solo selama kurang lebih tiga hari untuk mengikuti berbagai kegiatan relawan bakti BUMN.
SHARE
Puluhan Karyawan BUMN 3 Hari di Pura Mangkunegaran Solo, Ada Acara Apa?
SOLOPOS.COM - Sejumlah karyawan BUMN bersama abdi dalem Pura Mangkuneagran Solo mengikuti kegiatan membatik bersama di halaman Pura Mangkunegaran, Senin (15/8/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Puluhan karyawan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN selama empat hari mulai 14 hingga 17 Agustus 2022 mengikuti berbagai kegiatan di Pura Mangkunegaran Solo. Salah satu kegiatan membatik bersama di halaman pura, Senin (15/8/2022).

Ada seratusan orang peserta kegiatan itu yang meliputi karyawan BUMN dan abdi dalem pura. Pantauan Solopos.com, para peserta duduk bersila di selasar Pura Mangkunegaran sekitar pukul 16.30.WIB.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Mereka belajar membatik mulai dari menggambar pola hingga mewarnai kain batik. Kegiatan membatik bersama merupakan bagian dari program relawan bakti BUMN yang dilaksanakan pada 14-17 Agustus.

Para karyawan BUMN diberi kesempatan terlibat langsung memberdayakan masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Program relawan bakti BUMN bertajuk Pemberdayaan Abdi Dalem Pura Mangkunegaran Solo, Bakti BUMN untuk Surakarta dilaksanakan langsung oleh para karyawan BUMN.

Kegiatan relawan bakti berupa kerja bakti, penanaman pohon, pemeriksaan kesehatan, hingga mengajar bahasa Inggris. Tim Ahli KGPAA Mangkunagoro X, R Christopher S Lebe, mengatakan program relawan bakti diselenggarakan holding BUMN lini usaha asuransi dan penjaminan bersama Kementerian BUMN dan Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Solo Batik Carnival Bakal Kembali Digelar, Kali Ini di 2 Dunia

“Kegiatannya bermacam-macam selama tiga hari. Mulai dari kerja bakti hingga pembagian sepatu dan peralatan sekolah bagi anak-anak abdi dalem Pura Mangkunegaran,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com, Senin.

Upacara 17 Agustus

Selain itu, ada juga pelatihan pemberdayaan masyarakat yang juga melibatkan abdi dalem pura. Misalnya, pelatihan budidaya hidroponik dan pemasaran atau marketing bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kegiatan relawan bakti BUMN di Pura Mangkunegaran Solo ditutup dengan upacara bendera peringatan Kemerdekaan Indonesia yang melibatkan masyarakat pada 17 Agustus. Upacara bakal diikuti karyawan BUMN, abdi dalem Pura Mangkunegaran, dan masyarakat.

Baca Juga: Laku Karya Mahasiswa ISI Solo Masuk 10 Besar Film Pendek Kartu Prakerja

“Rencananya, KGPAA Mangkunagoro X bakal mengikuti upacara bendera peringatan Kemerdekaan Indonesia,” ujarnya. Lebih jauh, Lebe menyampaikan program relawan bakti BUMN mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Para karyawan BUMN bisa mendapatkan pengalaman berharga saat berinteraksi dengan para abdi dalem maupun masyarakat setempat. Sementara seorang karyawan BUMN, Esta, mengatakan para sukarelawan bakti BUMN mendapat pengalaman dan wawasan berharga ihwal pelestarian budaya.

Mereka berinteraksi dengan para abdi dalem setiap hari selama tiga hari. Begitu pula, para sukarelawan juga menularkan ilmu dengan mengajari keterampilan berkomumikasi bahasa asing untuk abdi dalem.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode