SOLOPOS.COM - Penyandang disabilitas dan petugas kebersihan saat menjalani vaksinasi massal di Kejaksaan Negeri Wonogiri, Sabtu (17/7/2021). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Puluhan difabel dan petugas kebersihan di Wonogiri mengikuti vaksinasi massal dalam rangka Hari Bakti Adhyaksa 2021 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarhini ke-21 di kantor Kejari Wonogiri, Sabtu (17/7/2021).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Wonogiri, Tailani Moehsad, mengatakan, vaksinasi massal itu merupakan wujud partisipasi Kejari kepada masyarakat dalam rangka mencegah persebaran Covid-19 di Wonogiri. Kegiatan itu bekerjasama dengan Pemkab Wonogiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Tak Diproses Hukum, Kades Jenar Minta Maaf dan Ajak Warga Taati Prokes

“Kami siapkan 200 vaksin. Selain masyarakat umum, vaksinasi juga ditujukan kepada para difabel dan petugas kebersihan jalan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Wonogiri,” kata Tailani berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com.

Menurut Tailani, penyandang disabilitas mendapat prioritas karena selama ini pergerakan mereka sangat terbatas. Sehingga melalui vaksinasi massal itu mereka bisa terlayani dengan baik.

“Petugas kebersihan kami utamakan juga. Karena mereka sering berinteraksi dengan orang lain selama menjalankan tugas di lapangan,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, jumlah peserta yang lolos screening dan mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 pada vaksinasi massal Kejari Wonogiri sekitar 179 orang. Sebanyak 59 orang merupakan penyandang disabilitas, 94 orang petugas kebersihan dan sisanya adalah masyarakat umum dan lingkungan sekitar.

“Penyuntikan vaksin kedua rencananya dilaksanakan pada 14 Agustus 2021 di Kantor Kejari Wonogiri juga,” kata Tailani.

Di sisi lain, pada Sabtu malam, jajaran Forkopimda Kabupaten Wonogiri membagikan bantuan sosial kepada para pedagang kaki lima di kawasan perkotaan Wonogiri. Hal itu dilakukan dalam rangka memberi perhatian kepada masyarakat selama PPKM Darurat.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto, melalui Paur Humas Aipda Iwan Sumarsono, mengatakan kegiatan itu dilakukan mulai pukul 20.00 WIB hingga 21.40 WIB. Adapun lokasi pembagian bansos itu mulai Jalur Kalpataru, simpang empat Gudang Seng hingga depan Pasar Wonogiri.

Baca Juga: Warga Binaan Rutan Solo: Lebih Sakit Tato Daripada Divaksin

Ia mengatakan, ada 18 pedagang kaki lima yang menerima bantuan tersebut. Bansos yang disalurkan pada masa PPKM Darurat untuk membantu para pedagang yang terdampak pandemi Covid-19 di wilayah hukum Polres Wonogiri.

“Paket bantuan yang disalurkan berisi beras, minyak, gula, kecap, sarden, susu dan kebutuhan lainnya. Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar serta tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Iwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya