SOLOPOS.COM - Pulau Setan (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Mendengar namanya cukum menyeramkan. Padahal nama Pulau Setan di Sumatra Barat ini muncul karena ada kekeluan lidah warga setempat.

Pulau Setan merupakan salah satu pulau yang terdapat di Kawasan Objek Wisata Mandeh Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatra Barat. Meskipun namanya menyeramkan namun apabila sampai ke pulau ini maka justru dibuat betah dan jatuh cinta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bayangan akan hal-hal mistis dan seram seperti namanya akan terbantahkan karena di pulau ini disajikan pemandangan yang indah dan jauh dari kesan angker. Menurut informasi sejumlah masyarakat setempat, nama asli pulau tersebut adalah Pulau Sultan. Namun karena kekeluan lidah warga setempat nama sultan berubah jadi setan.

Sebagaimana dikutip dari laman indonesia.go.id, beberapa waktu lalu, Pulau Setan menjadi salah satu surga wisata di Kabupaten Pesisir Selatan, apalagi secara keseluruhan objek wisata Kawasan Mandeh memiliki gugusan dan kesamaan dengan pulau cantik seperti Raja Ampat di Papua Barat.

6 Tips Membuat Rumah Terasa Baru Kembali

Di pulau ini anda dapat menyaksikan langsung birunya laut dan putihnya pasir, bahkan bukan hanya mata, telinga kita juga akan diperdengarkan suara deburan ombak yang kecil bikin hati semakin tenang. Selain itu di lokasi ini anak-anak bisa dengan nyaman dan aman berenang karena pinggiran pantainya sangat dangkal.

Aneka Wahana

Jika perut terasa lapar setelah asyik berenang, tersedia warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman. Warung-warung kecil ini adalah milik masyarakat penghuni pulau. Bagi anda dan keluarga yang membutuhkan tikar untuk duduk santai di pinggir pantai juga ada masyarakat yang menyewakan tikar.

Lebih menarik lagi, kita juga dapat melihat dan juga menaiki berbagai macam wahana permainan laut yang ada di pulau tersebut. Aksi wahana banana boat dan donut boat dengan tarif Rp25.000-30.000.

Pengunjung Pulau Setan tidaklah seramai pulau-pulau lain di sekelilingnya. Oleh karena itu pulau ini sangat cocok bagi anda yang menyukai suasana tenang dan privasi jauh dari keramaian.

Wanita Mengaku Sudah Menikah dengan Menara Eiffel Sejak 2007

Pulau Setan memiliki akses yang cukup mudah. Untuk mencapai pulau ini, biasanya pengunjung menyewa perahu. Dari Kota Padang menempuh pejalanan darat menuju ke Pesisir Selatan, tepatnya di Carocok, Tarusan.

Di Carocok, anda akan disambut dengan ramah oleh pemuda setempat yang menawarkan perahu atau boat untuk mengantarkan Anda berkeliling beberapa pulau. Anda hanya perlu membayar Rp500.000-750.000 tergantung banyaknya wilayah yang ingin dikunjungi.

Biasanya objek yang ditawarkan adalah Pulau Setan, Sironjong Gadang, Sironjong Ketek, Hutan Mangorve, hingga air terjun Sei Gemuruh.

Viral Adegan Stuntman Sinetron Ikatan Cinta RCTI Nyaris Diserempet Mobil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya