Pulau Misterius Muncul di Google Maps tapi Tak Ada di Dunia Nyata, Kok Bisa?

Pulau misterus di Pasifik Selatan yang disebut berupa sebidang tanah yang asing ini telah menjadi misteri bagi para ahli selama hampir satu dekade.
SHARE
Pulau Misterius Muncul di Google Maps tapi Tak Ada di Dunia Nyata, Kok Bisa?
SOLOPOS.COM - Pulau Phantom atau Pulau Berpasir adalah sebidang tanah yang asing ini telah menjadi misteri bagi para ahli selama hampir satu dekade.

Solopos.com, SOLO — Sebuah pulau misterius terus muncul dan menghilang di Google Maps membuat para ilmuwan kebingungan. Pulau yang berada di kawasan Pasifik Selatan ini dikenal sebagai Pulau Phantom atau Pulau Berpasir.

Pulau misterus ini disebut berupa sebidang tanah yang asing. Keberadaan Pulau Phantom ini telah menjadi misteri bagi para ahli selama hampir satu dekade.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Melansir dari News 18 pada Rabu (11/5/2022), diamati melalui Google Maps Earth, struktur seperti gumpalan gelap dapat dilihat antara Australia dan Kaledonia Baru. Namun, pulau itu tidak hanya ditangkap di Google Earth, tetapi juga terlihat di peta dan peta laut lainnya.

Pulau Phantom pertama kali disebutkan dalam Bagan Penemuan penjelajah Inggris Kapten James Cook di Samudra Pasifik Selatan pada 1776. Pulau itu kemudian terlihat 100 tahun kemudian oleh sebuah kapal bernama Velocity pada 1895.

Saat itu diyakini memiliki panjang 14,9 mil dan lebar 3,1 mil. Pulau misterius ini kemudian muncul di Google Earth sehingga membuat pengguna bingung. Namun, terlepas dari fakta ini, ketika para ilmuwan pergi ke lokasi pada November 2012, mereka tidak menemukan apa pun selain gelombang laut.

Baca Juga: Pulau Natal Dekat Indonesia Punya Harta Karun, Makanya Australia Ngiler

Ekspedisi Energi 2022

Ilmuwan Australia di R/V Southern Surveyor mencapai tempat itu setelah perjalanan 25 hari dan mengukur kedalaman laut lebih dari 4.300 kaki. Ini memperjelas bahwa apa yang ditampilkan pada peta tidak mungkin berada di dalam air. Faktanya, para ilmuwan bahkan tidak dapat memahami bagaimana sebuah pulau yang tidak ada bisa mencapai Google Earth.

Hanya beberapa hari setelah misteri ini terungkap, Google menghapus Pulau Phantom dari peta. Namun, tampilan satelit masih dilaporkan memberikan jejak pulau yang kini menghilang. Saat ini, belum ada penjelasan detail tentang pulau aneh itu, tetapi pulau itu telah terlihat beberapa kali selama bertahun-tahun.

Banyak yang percaya bahwa pulau misterius ini itu bisa jadi rakit laut batu apung yang merupakan sisa-sisa terapung dari letusan subaerial pantai atau gunung berapi yang tenggelam. Rakit tersebut dapat melakukan perjalanan ribuan mil yang memungkinkan Kapten Cook melihat sesuatu yang serupa saat itu.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Pulau Phantom Muncul di Google Maps, Tapi Tidak Ada di Dunia Nyata 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago