SOLOPOS.COM - Ketua DPR Puan Maharani melakukan swafoto pada pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan Solo, Sabtu (19/11/2022). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan pujian untuk Muhammadiyah saat hadir dalam pembukaan Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo, Sabtu (19/11/2022).

Puan menyatakan organisasi Islam Muhammadiyah telah berperan aktif dan bergotong royong bersama komponen bangsa lain untuk mendirikan, merawat, dan memajukan Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Semua patut mencontoh teladan Muhammadiyah dalam berdakwah yang dibarengi dengan tindakan amal nyata bagi masyarakat,” kata Puan Maharani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Dia menyebut Muhammadiyah mendirikan ratusan rumah sakit dan klinik untuk menjaga kesehatan masyarakat.

Baca Juga: Haedar Nashir Raih Suara Terbanyak, Inilah 13 Nama Anggota PP Muhammadiyah

Muhammadiyah juga mendirikan ribuan sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi dalam rangka mencerdaskan bangsa.

“Demi menyejahterakan masyarakat dan umat, Muhammadiyah mendirikan dan mengelola ribuan panti asuhan dan amal sosial lain serta amal usaha,” ujar Puan lagi.

Puan juga menyatakan kakeknya, Presiden Pertama RI Sukarno yang mencari pendiri Muhammadiyah K.H. Ahmad Dahlan.

Baca Juga: Padat! Jalan Utama hingga Jalur Tikus Kartasura Penuh Bus Muktamar Muhammadiyah

Puan mengatakan Bung Karno kemudian berguru kepada K.H. Ahmad Dahlan dan menjadi anggota Muhammadiyah tahun 1938.

“Bung Karno mengabdikan diri kepada Muhammadiyah sebagai guru sekaligus ketua majelis pendidikan dan mengajar Muhammadiyah di Bengkulu,” katanya.

Puan menyampaikan selamat bermuktamar kepada warga Muhammadiyah. Dalam Muktamar juga akan dilakukan pemilihan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah periode 2022-2027.

Baca Juga: Sejumlah Lokasi Dijaga Ketat: Boyolali Nihil Macet selama Muktamar Muhammadiyah

“Selamat bermuktamar bagi keluarga besar Muhammadiyah, semoga acara dapat berjalan lancar,” ujarnya.

Selain PP Muhammadiyah, muktamar itu sekaligus akan memilih kepemimpinan PP Aisyiyah yang merupakan organisasi perempuan Muhammadiyah.

Seperti tema Muktamar ini, Puan berharap perempuan Muhammadiyah dapat mencerahkan peradaban bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya