SOLOPOS.COM - Ilustrasi bekerja saat puasa. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Menjalankan ibadah puasa Ramadan bukan lantas menjadi halangan untuk tetap aktif dan produktif.

Pola makan dan mungkin pola tidur boleh saja sedikit berubah, tapi hal jangan lantas mengganggu fokus Anda ya. Dirangkum oleh Cheers Alkaline Water, berikut lima tips agar Anda tetap aktif dan produktif selama puasa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

  1. Asupan Makanan Bergizi Seimbang

Selama menjalankan puasa Ramadan, usahakan tetap memenuhi asupan gizi untuk tubuh kita. Hal ini membantu kita untuk tetap aktif selama puasa.

Bijaklah dalam memilih menu berbuka puasa dan sahur. Asupan makanan yang diperlukan saat buka dan sahur bukanlah dengan jumlah yang banyak, melainkan cukup.

Prinsip memilih asupan makanan untuk sahur dan buka puasa selama Ramadan diantaranya mengandung karbohidrat komplek, tinggi protein, lemak sehat dan tinggi serat.

Bahan makanan ini akan memberikan efek kenyang yang lebih lama karena membutuhkan waktu cerna yang juga lebih lama. Karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari ubi, kentang, jagung, dan nasi merah. Kebutuhan serat bisa didapat dari sayur dan buah-buahan.

  1. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Saat puasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan selama hampir 12 jam. Hal itu menyebabkan tubuh rentan dehidrasi.

Dikutip dari Healthline, dehidrasi ringan dapat menurunkan memori dan kinerja otak, meningkatkan perasaan cemas, hingga merusak suasana hati. Oleh sebab itu, kebutuhan minimal delapan gelas air mineral harus tercukupi selama puasa Ramadan.

Anda bisa membaginya saat buka dan sahur. Misal dua gelas saat berbuka, empat gelas di malam hari sebelum tidur, dan dua gelas saat sahur.

Komposisi ini tentu disesuaikan dengan aktivitas dan kebutuhan tiap individu. Bisa ditambah dengan konsumsi buah dengan kandungan air yang lebih bayak.

puasa ramadan
Cheers Alkaline. (Istimewa)

Pemilihan air minum sehat juga penting saat puasa. Cheers Alkaline Water yang mengandung pH hingga 8,5 menjadi pilihan sehat karena membantu hidrasi tubuh lebih optimal selama puasa Ramadan sehingga Anda tetap bisa aktif dan produktif.

Cheers Alkaline Water juga membantu menyeimbangkan pH tubuh serta membantu menjaga imunitas dan meningkatkan metabolisme tubuh selama puasa Ramadan.

  1. Luangkan Waktu Berolahraga

Tubuh bugar tentu bisa meningkatkan produktivitas. Oleh karena itu, olahraga bisa menjadi alternatif.

Meski puasa, olahraga tetap bisa dilaksanakan. Hanya saja, porsi dan waktunya berbeda.

Pilih jenis olahraga ringan dengan intensitas yang tidak tinggi. Biasanya saat puasa olahraga dilakukan pagi hari setelah sahur/subuh atau sore hari menjelang buka puasa.

  1. Buat To Do List

Selama puasa Ramadan, Anda tetap bisa menyeimbangkan pekerjaan dan ibadah, karena keduanya sama-sama memiliki kewajiban tersendiri.

Agar bisa tetap produktif saat puasa, maka sebaiknya coba untuk membuat to do list, atau membuat daftar mana saja pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Sebagai saran, ada kerjaan yang jadi prioritas utama, karena pekerjaan yang sesuai prioritas akan membuat lebih produktif dan tidak kewalahan dalam memenuhi deadline dari atasan.

  1. Istirahat Cukup

Pola tidur akan sedikit terganggu ketika berpuasa. Namun, kita bisa mengaturnya agar mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Usahakan untuk tidur maksimal pukul 22.00 WIB untuk bangun sahur pada pukul 03.30 WIB. Selain itu, atur ruangan tidur senyaman mungkin agar mendapat tidur yang berkualitas. Dengan istirahat yang cukup dan berkualitas, Anda akan lebih aktif dan produktif selama puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya