Puasa Hari Pertama, Begini Ngabuburit Gubernur Ganjar
Solopos.com|jateng

Puasa Hari Pertama, Begini Ngabuburit Gubernur Ganjar

Ngabuburit menjadi salah satu kegiatan umat muslim saat bulan puasa Ramadan, termasuk Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Solopos.com, SEMARANG Ngabuburit menjadi salah satu kegiatan yang kerap dilakukan umat muslim saat bulan puasa Ramadan. Demikian juga dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, pada puasa kali ini.

Pada puasa hari pertama, Selasa (13/4/2021), Gubernur Ganjar pun melakukan berbagai kegiatan untuk menunggu waktu buka puasa alias ngabuburit. Mulai dari gowes atau bersepeda hingga mengunjungi panti lansia di Kota Semarang pun dilakukan orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng itu.

Kali ini panti lansia yang dikunjungi Ganjar adalah Panti Wreda Pengayoman, Yayasan Kristen Pelkris. Di panti wreda itu, Ganjar berkesempatan berdialog dengan sejumlah penghuni.

Baca Juga: Begini Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi...

Ia juga menanyakan apakah para lansia penghuni panti wreda itu sudah menjalani vaksinasi Covid-19. “Pak, njenengan sampun divaksin [pak, anda sudah divaksin]?” tanya Ganjar kepada seorang penghuni panti yang disapa Opa Pan Fei, 78.

Opa Pan Fei pun mengaku belum mendapat vaksin Covid-19. Meski demikian, ia tidak menolak untuk divaksin dan saat ini tengah menantikan jatah vaksin itu. Selain Opa Pan Fei, Ganjar juga berbincang dengan sejumlah lansia lainnya.

Vaksin Covid-19

Beberapa mengaku sudah divaksin Covid-19, ada pula yang sudah tidak merespons dengan baik saat diajak berbincang. Ganjar pun berbincang dengan pengelola panti werda itu yang karib disapa Manis. Manis mengaku ada sekitar 48 warga wlansia yang menghuni panti werda tersebut.

Dari jumlah sebanyak itu, tujuh orang di antaranya sudah mendapat vaksin Covid-19. “Baru sebagian yang divaksin. Ada tujuh orang yang kemarin kita antarkan ke sentra vaksinasi di PRPP,” ujar Manis.

Baca Juga: Turn Back Hoax: Vaksin Covid-19 Dibuat Sebelum Pandemi?

Manis mengatakan 41 lansia lainnya segera divaksin Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang. Informasi yang diperolehnya, vaksinasi terhadap lansia di panti werda tersebut dilakukan Kamis (29/4/2021). “Nanti dari DKK katanya akan datang hari Kamis atau Jumat. Kita menunggu saja,” ucap Manis.

Dalam kunjungan saat ngabuburit puasa itu, Gubernur Ganjar juga berpesan kepada pengelola panti agar menjaga standar protokol kesehatan. Ganjar juga mengapresiasi langkah pengelola dalam menyiapkan tempat khusus bagi keluarga yang menjenguk.

“Itu sudah bagus. Ada sekat gitu kalau ketemu sama lansia. Saya pesan supaya ini dijaga, jadi mereka tidak banyak bertemu orang luar sambil menunggu vaksinnya,” tutur Ganjar.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago