SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelajar. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SUKOHARJO – Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas jenjang SMA dan SMK di Sukoharjo ditunda sembari menunggu rekomendasi dari Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo. Sementara jenjang SMP dan sederajat melaksanakan PTM secara terbatas dan simulasi di sekolah.

Pelaksanaan PTM secara terbatas jenjang SMA/SMK semula direncanakan pada Senin (13/9/2021). Lantaran belum ada instruksi dari Pemprov Jawa Tengah maka pelaksanaan PTM diundur hingga beberapa hari mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMAN Sukoharjo juga tengah menunggu rekomendasi dari Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo ihwal pelaksanaan PTM secara terbatas di sekolah.

Baca Juga: Tim 209 KKN UNS Bikin Program Teras Literasi di Desa Keboan Sukoharjo

Ketua MKKS SMAN Sukoharjo, Sudibyo, mengatakan sebenarnya seluruh sekolah siap melaksanakan PTM secara terbatas di sekolah. Setiap sekolah telah mempersiapkan infrastruktur protokol kesehatan, vaksinasi tenaga pengajar dan persetujuan orangtua/wali murid.

“Paling cepat PTM secara terbatas di sekolah dilaksanakan pada 15 September. Bisa jadi kembali mundur jika satgas tingkat kabupaten belum memberikan rekomendasi,” kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Senin.

Kepala SMAN 1 Tawangsari itu mengungkapkan para tenaga pengajar telah menerima vaksin dosis pertama dan kedua. Vaksinasi bagi tenaga pengajar menjadi salah satu persyaratan pelaksanaan PTM secara terbatas di sekolah.

Dia juga telah menyampaikan pengunduran jadwal pelaksanaan PTM secara terbatas kepada para orangtua/wali murid. Mereka memahami kondisi tersebut dan tak mempermasalahkan lantaran masih masa pandemi Covid-19. Pemberian materi pelajaran dilanjutkan dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diterapkan selama lebih dari 18 bulan.

“Saya juga memaklumi jika masih ada orangtua/wali murid yang keberatan atas pelaksanaan PTM di sekolah. Pandemi belum hilang sepenuhnya sehingga masih ada kekhawatiran para orangtua/wali murid,” ujar dia.

Baca Juga: Besok, 529 Sekolah di Sukoharjo Mulai Simulasi dan PTM Terbatas

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, Bambang Sahana, mengatakan pelaksanaan PTM secara terbatas di sekolah swasta juga diundur. SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo telah mengantongi rekomendasi dari Pemprov Jateng saat uji coba PTM pada April. Bahkan, seluruh orangtua/wali murid telah memberikan persetujuan anaknya mengikuti PTM secara terbatas di sekolah.

Bambang meyakini PTM secara terbatas di sekolah dilaksanakan pada pekan ini lantaran masing-masing sekolah telah memenuhi persyaratan pelaksanaan PTM secara terbatas di sekolah. “Sekolah kami sudah memiliki surat keputusan (SK) uji coba PTM yang diterbitkan Pemprov Jawa Tengah. Pada prinsipnya tak ada masalah. Mungkin dua hari-tiga hari ada keputusan mengenai pelaksanaan PTM di sekolah untuk jenjang SMA/SMK,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya