PT Pegadaian akan Didorong Jadi Bank Emas Pertama di RI, Ini Alasannya

Kementerian BUMN akan mendorong PT Pegadaian (Persero) menjadi bullion bank atau bank emas pertama di Indonesia.
PT Pegadaian akan Didorong Jadi Bank Emas Pertama di RI, Ini Alasannya
SOLOPOS.COM - Aneka produk logam mulia emas di Galeri 24 Pegadaian Cokronegaran Solo, Jumat (8/1/2021).(Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian BUMN akan mendorong PT Pegadaian (Persero) menjadi bullion bank atau bank emas pertama di Indonesia.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa melalui anak usaha Pegadaian, yakni Galeri 24, perusahaan gadai tersebut juga memiliki bisnis tabungan emas.

Oleh karena itu, pihaknya bakal mendorong agar Pegadaian bisa menjadi bullion bank pertama di dalam negeri.

Baca Juga: BI Sebut Transaksi Uang Elektronik per Agustus 2021 Tembus Rp24,8 Triliun

“Indonesia belum ada izin bank yang simpan fisik emas. Sebenarnya Pegadaian sudah lakukan itu, tapi masih dalam konsep titipan,” ujar pria yang akrab disapa Tiko itu dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Rabu (22/9/2021) seperti dilansir Bisnis.com.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, pihaknya masih menunggu terbitnya aturan terkait pembentukan bullion bank yang tengah digodok oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

“Kami sedang tunggu aturan itu tentunya kami ajukan Pegadaian sebagai institusi pertama yang jadi bank bullion pertama karena secara efektif sudah punya tabung emas yang secara prinsip adalah bank bullion. Tapi masih dalam konteks titipan, belum tercatat di neraca,” imbuhnya.

Baca Juga: Rezeki Nomplok, Nasabah BRI Unit Pabelan Raih Honda Mobilio dari Undian Simpedes

Sebelumnya, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan bahwa dengan memiliki bank emas di dalam negeri, maka akan mengurangi kebutuhan untuk mengimpor produk emas setelah mereka disertifikasi di luar negeri.

Selain itu, bullion bank akan membantu mengembangkan industri lokal dengan memberikan peluang pembiayaan, dan membiarkan bank sentral meng­gunakan instrumen emas untuk mengelola stabilitas ekonomi.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago