[ X ] CLOSE

PT KAI Yakin KA Baturraden Ekspres Dongkrak Wisata Banyumas

Kehadiran KA Baturraden Ekspress relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung pergi pulang (PP) bisa mendongkrak pertumbuhan pariwisata Banyumas.  
PT KAI Yakin KA Baturraden Ekspres Dongkrak Wisata Banyumas
SOLOPOS.COM - Peresmian Kereta Api Baturraden Ekspres di Stasiun Purwokerto. (Antara)

Solopos.com, PURWOKERTO -- Kehadiran KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung pergi pulang (PP) bisa mendongkrak pertumbuhan pariwisata Banyumas.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Didiek Hartantyo, mengatakan KA Baturraden Ekspres yang diluncurkan, Jumat (25/1/2021), ini merupakan komitmen kereta api untuk terus membangkitkan transportasi yang sehat.

“Terkait dengan dipilihnya rute Purwokerto-Cikampek-Bandung, hal itu dilakukan PT KAI untuk menghubungkan dua daerah tujuan wisata yang diharapkan menjadi salah satu mesin pertumbuhan ke depan,” katanya seusai meresmikan perjalanan perdana KA Baturraden Ekspres di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Baca Juga : Kampung Crazy Rich Pati Ternyata Ada di Desa Bendar

Dalam hal ini Baturraden merupakan satu ikon pariwisata yang ada di Banyumas. "Sejak saya kecil dulu, Baturraden itu sudah legend ya. Nah, kita hubungkan ini agar bangkitan penumpang di sini bisa tumbuh, membengkakan ekonomi. Namun di masa pandemi tetap protokol kesehatan menjadi yang utama," kata Didiek.

Sementara itu, Bupati Banyumas Achmad Husein mengucapkan terima kasih kepada PT KAI atas dioperasikannya KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung PP. Hadirnya KA Baturraden Ekspres gayung bersambut dengan harapan Pemerintah Kabupaten Banyumas. "Dari dulu kami minta KA yang melayani rute Purwokerto-Cirebon itu ada, Purwokerto-Semarang itu ada," katanya.

Menurut dia, hal itu saat sekarang sudah terealisasi dengan hadirnya KA Baturraden Ekspres yang melewati Cirebon serta KA Kamandaka tujuan Semarang. Kendati masih dalam suasana pandemi Covid-19, pihaknya masih mempunyai harapan pariwisata ke depan akan menjadi bagus.

Baca Juga : KA Nusa Tembini Digadang Angkat Pariwisata Banyumas

"Mudah-mudahan pandemi bisa cepat reda, kemudian pariwisata bisa kami genjot, sehingga mata pencaharian itu mudah, dapat dicari. Terima kasih banyak kepada PT KAI," katanya.

Bupati juga mengharapkan pemerintah dapat segera mereaktivasi jalur kereta yang menghubungkan Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, dan Wonosobo. Jika jalur tersebut bisa direaktivasi khususnya untuk rute Purwokerto-Purbalingga dapat mempercepat mobilitas masyarakat dari Purwokerto menuju Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga dan sebaliknya dengan menggunakan kereta api.

Peresmian perjalanan perdana KA Baturraden Ekspres itu ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga oleh Dirut PT KAI Didiek Hartantyo, Bupati Banyumas Achmad Husein, dan Komisaris PT KAI Cris Kuntadi.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago