SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bandung– PT Kereta Api (KA) Daop II Bandung segera melayangkan tagihan sebesar Rp105 juta kepada Walikota Surabaya untuk pengganti kerugian tiket  KA yang digunakan suporter Persebaya atau bonek.

“Tagihan sebesar Rp105 juta itu  sementara untuk tiket KA Pasundan dan KA luar biasa, belum termasuk kerugian kerusakan sarana KA oleh ulah Bonek,” kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung, Senin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Bambang, kerugian sarana dan prasarana oleh Bonek dan juga akibat pelemparan oleh warga di sepanjang jalur kepulangan Bonek hingga saat ini masih dalam penghitungan.

Bambang menyebutkan, kerusakan sarana akibat pelemparan dan ulah bonek terjadi untuk KA Pasundan, KA Parahyangan, KA Lodaya, KA Mutiara Selatan serta KA reguler Cibatu Garut.

“Kerusakan KA masih dihitung, sementara sudah mencapai Rp177 juta. Sebagian akibat kaca pecah, kipas angin raib dan lampu hilang,” kata Bambang.

Rincian sementara kerugian akibat kerusakan sarana adalah KA Lodaya Rp4,5 juta, Mutiara Selatan Rp2,8 juta, Argo Wilis Rp20,8 juta, KA Kahuripan Rp78 juta dan KA Pasundan 69 juta. Belum termasuk penggunaan delapan rangkaian Kereta Api Luar Biasa (KALB).

Menurut Bambang, tagihan tiket sebesar Rp105 juta itu  merupakan kesepakatan yang ditandarangani antara pihak Daop II Bandung dengan Ketua Dewan  Suporter Bonek, Wastomi.

“Kami sudah mendapat kesepakatan dengan koordinator Bonek, kami pegang perjanjian terkait tagihan tiket sebesar Rp105 juta untuk KA Pasundan dan KA luar biasa, Belum termasuk kerugian akibat kerusakan sarana,” kata Bambang.

Nilai tiket yang ditagihkan itu yakni untuk  KA luar biasa yang mengangkut sekitar 2500 bonek senilai Rp65 juta dan KA Pasundan yang mengangkut 2000 bonek senilai Rp40 juta.

Sementara itu proses kedatangan dan pemulangan Bonek dilakukan melalui Stasiun Rancaekek  Kabupaten Bandung.  Menurut data dari Polres Bandung, jumlah Bonek yang datang ke Bandung untuk menyaksikan pertandingan Persib lawan Persebaya sebanyak 5000 orang.

Sementara itu, menurut beberapa orang Bonek yang masih ada di Bandung menyebutkan ada sekitar 500 orang Bonek di Bandung yang akan menonton pertandingan Persib melawan Persik, Selasa (26/1).

ant/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya