PT Inka Madiun menghasilkan loko diesel hidrolik.

PromosiUniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Teknisi PT Inka Madiun memeriksa lokomotif anti banjir berkode DH CC 300, Jumat (26/2/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Teknisi PT Inka Madiun memeriksa lokomotif anti banjir berkode DH CC 300, Jumat (26/2/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Ekspedisi Mudik 2024

PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun, Jawa Timur (Jatim), telah menyelesaikan pembuatan lima unit lokomotif tipe DH CC-300 pesanan Kementerian Perhubungan, 2012 silam. Lokomotif seharga Rp40 miliar tersebut didesain murni untuk Indonesia, mulai dari warnanya yang merah dan putih, serta karakter mesinnya yang sesuai dengan kondisi alam Indonesia.

Secara spesifikasi, lokomotif Diesel Hidrolik (DH) CC-300 memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan loko lainnya seperti tipe Diesel Elektrik (DE) CC-204. Di antaranya, dibuat untuk tahan banjir. CC-300 memiliki sistem kelistrikan yang terintegrasi dengan penggerak diesel hidrolik yang diletakkan di bagian atas lokomotif, sehingga kereta tetap dapat melaju meski rel tergenang air setinggi 1 m.

 

KLIK DI SINI untuk Berita Lengkapnya

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi