PT Inka di Madiun Bakal Bangun Kereta Gantung Pertama di Sumsel

PT Inka (Persero) di Madiun akan mendukung proyek pembangunan kereta gantung atau cable car milik Pemerintah Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).
SHARE
PT Inka di Madiun Bakal Bangun Kereta Gantung Pertama di Sumsel
SOLOPOS.COM - Wali Kota Pagar Alam Alpian Maskoni (kiri) dan GM Pengembangan PT Inka Cholik M Zamzam (kanan) seusai membahas mengeni pembangunan kereta gantung, Selasa (18/1/2022). (Istimewa/PT Inka Madiun)

Solopos.com, MADIUN — PT Industri Kereta Api (Persero) di Madiun akan mendukung proyek pembangunan kereta gantung atau cable car milik Pemerintah Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Rencana, kereta gantung tersebut untuk melengkapi fasilitas di tempat wisata Perkebunan Teh Gunung Dempo Kota Pagar Alam Sumsel.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Senior Manager Departemen Pengembangan Bisnis PT Inka, Apoleus Karo-Karo, mengatakan Inka telah melakukan kunjungan ke Pemkot Pagar Alam, Sumsel, pada Selasa (18/1/2022). Kunjungan PT Inka Madiun itu untuk mematangkan kerja sama pembangunan kereta gantung di area wisata Perkebunan Teh Gunung Dempo di Pagar Alam.

Baca Juga: 6 Kereta LRT Rusak Akibat Tabrakan Tiba di Inka Madiun untuk Perbaikan

Pihaknya juga melakukan studi kelayakan sistem transportasi dan penyediaan sarana. Dia menuturkan transportasi wisata kereta gantung itu merupakan alat transportasi berbasis kabel. Ruang kabin yang biasa disebut gondola itu diangkut di atas tanah dengan menggunakan satu kabel atau lebih.

Model transportasi ini, kata dia, biasanya diaplikasikan di area pegunungan, pusat tambang, dan kawasan wisata. Kereta gantung ini biasanya untuk menghubungkan antara satu titik objek dengan objek lain.

Baca Juga : Beroperasi Agustus 2022, LRT Jabodebek Melaju Tanpa Masinis

“Untuk jenis kabin biasanya menggunakan gondola berkapasitas 4 sampai 12 penumpang. Kereta gantung nantinya dapat digunakan untuk menikmati pemandangan ke segala arah,” jelas Apoleous dalam keterangan pers, Kamis (20/1/2022).

Sementara itu, Wali Kota Pagar Alam, Alpin Maskoni, mengatakan kehadiran PT Inka ke Pagar Alam tentu akan meningkatkan keyakinan merealisasikan rencana pembangunan kereta gantung. Bahkan, digadang-gadang kereta kabel ini bakal menjadi yang pertama di Sumatera Selatan.

Baca Juga : PT Inka Buat Peti Kemas Canggih Berpendingin, Cocok Angkut Ikan Laut

“Jika pembangunan kereta gantung dapat terealisasi, tentunya akan sejalan dengan visi Kota Pagar Alam yang terus berkomitmen sebagai kota kunjungan wisata terdepan di Sumatera Selatan,” papar Alpian.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago