PSSI Tegaskan Posisi Shin Tae-yong Aman

Nasib Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia sempat dikhawatirkan oleh sejumlah pecinta sepak bola Indonesia menyusul pernyataan dari anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro.
SHARE
PSSI Tegaskan Posisi Shin Tae-yong Aman
SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (pssi.org)

Solopos.com, SOLO – Nasib Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia sempat dikhawatirkan oleh sejumlah pecinta sepak bola Indonesia menyusul pernyataan dari anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro. Namun, PSSI menegaskan posisi pelatih asal Korea Selatan itu aman.

Seperti diketahui, Haruna sempat mengkritik tajam Shin Tae-yong lantaran gagal membawa Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Di ajang itu, Indonesia menempati posisi runner up setelah kalah dari Thailand di babak final.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Haruna menyebut Timnas Indonesia tak menunjukkan perubahan apapaun di bawah asuhan Shin Tae-yong. Pasalnya, Indonesia sudah beberapa kali menjadi runner up Piala AFF. Sementara yang dibutuhkan timnas adalah menjadi juara.

Baca Juga: Sedang Dinaturalisasi, 4 Pemain Diharapkan Bisa Gabung Timnas Tahun Ini

Di tengah perbincangan nasib Shin Tae-yong itu, Sekjen PSSI Yunus Nusi menegaskan posisi eks pelatih Timnas Korea Selatan itu aman. Shin Tae-yong sendiri memiliki kontrak dengan Tim Garuda hingga 2023 mendatang.

“Dalam diskusi dan rapat di internal PSSI, semua tetap menghargai sebuah keputusan yang bersifat kolektif kolegial. Keputusan kolektif kolegial PSSI itu antara lain tetap memberikan kepercayaan kepada Shin Tae-yong hingga 2023 sesuai kontrak. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk memperpanjang kontrak jika performa timnas terus meningkat,” ujar Yunus seperti dilansir Antara.

Pria asal Gorontalo itu mengakui ada perdebatan yang terjadi dalam rapat evaluasi Shin Tae-yong yang dihadiri pula oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, wakil ketua umum Iwan Budianto, wakil sekretaris jenderal Maaike Ira Puspita, anggota komite eksekutif Endri Erawan dan Vivin Sungkono serta direktur teknik Indra Sjafri.

Baca Juga: Piala AFF U-23: Shin Tae-yong Bakal Andalkan 6 Pemain Timnas U-18

Akan tetapi, pertukaran pendapat hanya terjadi di dalam acara. Bukan cuma hasil timnas di Piala AFF 2020 yang diperbincangkan saat itu, tetapi juga tentang naturalisasi, jadwal timnas dan apakah PSSI akan mengambil peluang menjadi tuan rumah turnamen pada tahun 2022, seperti Piala AFF serta Kualifikasi Piala Asia pada Juni 2022.

Yunus pun menegaskan bahwa keputusan PSSI tidak didasarkan atas pandangan satu orang. “Setelah diskusi, keputusan tetap berada di ketua umum dan komite eksekutif,” tutur dia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago