SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi

JAKARTA – Setelah menunda hukuman kepada pemain-pemain yang menolak panggilan ke timnas, PSSI melalui Komisi Disiplin (Komdis) akhirnya menjatuhkan sanksi kepada mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Semula Komdis PSSI akan menggelar sidang pada 17 Januari lalu untuk meminta keterangan pada pemain-pemain ISL yang menolak panggilan memperkuat timnas. Namun di tanggal tersebut pemain tidak ada yang datang.

Sidang pun diundur menjadi hari ini, Senin (21/1/2013), dan para pemain tersebut tidak datang juga. Komdis pun tetap mengelar sidang dan memutuskan menghukum mereka. Keputusan tersebut tertulis dalam SK (Surat Keputusan) 1-23/Kep/KD/Timnas S/1-13 Tanggal 21 Januari 2013.

“Kami selaku Komdis PSSI telah berupaya memanggil pemain-pemain yang dipanggil ke timnas untuk memberikan keterangan dalam sidang Komdis. Namun dua kali dipanggil, mereka tidak ada yang datang,” ujar anggota Komdis Zuchli Imran di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta.

“PSSI telah mengirim surat kepada pemain-pemain tersebut. Bahwa mereka terbukti melanggar pasal 78 ayat 1 Kode Disiplin PSSI yang berpedoman kepada AFC, FIFA dan statuta.

“Untuk itu, kami dengan berbagai pertimbangan bahwa terbukti pemain-pemain itu bertingkah buruk menolak panggilan timnas dalam pemusatan latihan kualifikasi Piala Asia.

“Dengan ini kami memutuskan, menghukum 22 pemain yang masuk dalam daftar pemanggilan timnas yaitu yang pertama, menghukum mereka dalam beraktivitas dalam dunia sepakbola selama enam bulan. Yang kedua, denda sebesar Rp 100 juta kepada PSSI, yang harus langsung ditransfer ke rekening PSSI. Dan yang ketiga SK mengenai sanksi akan berlaku terhitung sejak diputuskan oleh Komdis.”

Zuchli menjelaskan, pihaknya memberi kesempatan kepada pemain untuk banding hingga 14 hari setelah keputusan ini.

Bagaimana jika hukuman tersebut tidak berpengaruh kepada pemain tersebut mengingat mereka berkompetisi di ISL?

“Untuk hal itu sudah ada mekanismenya. Yang terpenting kami tegakkan hukuman dulu terutama soal timnas,” timpal Wakil Komdis Catur Agus Saptono.

Berikut daftar 22 pemain yang terhukum:

1. Boaz Solossa
2. Richardo Salampessy
3. Patrich Wanggai
4. Immanuel Wanggai
5. Ian Louis Kabes
6. Lukas Mandowen
7. Ortizan Solossa
8. I Made Wirawan
9. Atep
10. M. Ridwan
11. Tantan
12. Zulkifli Syukur
13. Ahmad Bustomi
14. M. Roby
15. Jailani Sibi
16. Ronal Setmop
17. Busari
18. Fachrudin Wahyudin
19. Samsul Arif
20. Victor Igbonefo
21. Greg Nwokolo
22. Irfan Raditya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya