SOLOPOS.COM - Pemain Madura United, Renan Silva (kanan), berebut bola dengan pemain PSM Makassar, Willem Jan Pluim, dalam pertandingan Liga 1 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Sabtu (8/1/2022). (Antara/Nyoman Budhiana)

Solopos.com, JAKARTA – Petinggi klub Liga 1 Indonesia, PSM Makassar, Munafri Arifuddin, mengatakan gelandang Willem Jan Pluim masih menjadi bagian tim Juku Eja untuk musim depan.

Munafri mengatakan Wiljan Pluim memiliki peran penting bagi PSM Makassar sehingga tidak mungkin dilepas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Barito Putera Beri Sinyal Pertahankan Muhammad Riyandi

Wiljan sempat menyampaikan keinginan pensiun di PSM dan untuk itu tim ini akan berusaha mempertahankan pemain asal Belanda tersebut.

“Dia [Pluim] sudah menyampaikan kepada saya bahwa tidak akan ke klub manapun sampai dia pensiun,” jelas Munafri dalam situs resmi Liga Indonesia, Kamis,

Baca Juga: Dilepas Bali United, Dias Angga Langsung Mendarat di Dewa United

Munafri menjelaskan Pluim juga bisa menjadi mentor untuk pemain-pemain muda yang tak segan membimbing juniornya ketika sesi latihan.

Hal inilah yang membuat dia memiliki nilai lebih di mata manajemen sehingga manajemen PSM akan berusaha kersa mempertahankan Pluim.

“Dia suka memberikan pengetahuan sepak bolanya kepada rekan lainnya, kepada juniornya. Dia bisa keras ke juniornya kalau apa yang dia sampaikan tidak dikerjakan,” ungkap Munafri.

Baca Juga: Beli Pemain Lagi, Arema FC Gila-Gilaan di Bursa Transfer Kali Ini

Musim lalu Pluim memainkan 30 pertandingan dengan menyumbangkan 7 gol dan 5 assist untuk PSM Makassar, selain menjadi pemimpin bagi rekan-rekannya sebagai kapten tim.

Sebelum bergabung bersama PSM Makassar pada 2016, Pluim mengawali kariernya di Liga Belanda dan Liga Vietnam bersama Binh Duong FC pada 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya