SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdialog dengan anak-anak pada puncak peringatan Hari Anak Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau, Minggu (23/7/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Rony Muharrman)

Forum psikolog mendiskusikan tantangan pola pengasuhan anak masa kini.

Harianjogja.com, SLEMAN— Forum Komunikasi Psikolog Puskesmas Sleman (FKPPS) menggelar Talk Show Enlightening Parenting pada Kamis (5/10/2017) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun FKPPS ke-9.  Acara ini mengulas tantangan pengasuhan anak masa kini yang semakin besar oleh orang tua.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan berbagai masalah yang dihadapi anak semakin meningkat, seperti perundungan, seks bebas, narkoba, kecanduan gadget dan game. Untuk itu, perlu diberikan edukasi terhadap orang tua sebagai pemeran utama dalam pengasuhan anak, demi terwujudnya generasi masa depan yang lebih baik.

Menurutnya, pengasuhan terhadap anak tidak hanya dilakukan ketika anak masih di usia dini. Namun menurutnya pengasuhan terhadap anak harus dilakukan sepanjang hayat. “Yang namanya mengasuh itu tidak hanya ketika kecil. Sudah besar pun harus tetap diasuh juga. Supaya tetap pada jalurnya,” jelasnya. Menurutnya salah satu penyebab dari tindakan negatif dari remaja, bahkan orang dewasa, dikarenakan oleh sikap acuh orang tua terhadap perkembangan anaknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Nurulhayah, mengungkapkan bahwa acara tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan eksistensi psikolog dalam proses pengasuhan anak. Ia berharap para psikolog mampu memberikan kontribusi dalam mendukung orang tua menghadapi tantangan pengasuhan anak saat ini melalui upaya promotif, preventif, rehabilitative dan kuratif di Puskesmas masing-masing. “Mudah-mudahan dengan adanya acara ini, orang tua bisa tercerahkan dalam pengasuhan anak,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya