SOLOPOS.COM - Laga PSG vs Barcelona beberpa bulan lalu yang dimenangkan PSG. Ist/Dok

PSG vs Barcelona akan melakoni duel perempat final Liga Champions. Mampukah PSG mengulang pertemuan sebelumnya?

Solopos.com, PARIS— Barcelona dan Paris Saint-Germain (PSG) benar-benar berjodoh. Hanya sekitar empat bulan, kedua tim raksasa Eropa ini kembali dipertemukan di ajang Liga Champions musim ini.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Barcelona akan melawat ke kandang PSG untuk melakoni leg pertama babak perempat final di Parc des Princes, Paris, Kamis (16/4/2015) pukul 01.45 WIB. Sebelumnya, Lionel Messi dkk. telah bertemu dua kali di fase grup musim ini.

Pada pertemuan di Parc des Princes, Oktober lalu, Barca menelan kekalahan 2-3. Sementara di Camp Nou, giliran Barca yang meraup kemenangan dengan skor 3-1, Desember silam.

Meski demikian, pertemuan di Parc des Princes, medio pekan ini, sepertinya bukan laga deja vu bagi kedua tim.  PSG diprediksi akan sulit mengulang kemenangan ketika menjamu raksasa Catalan di Parc des Princes karena kehilangan sejumlah pemain yang mengalami cedera dan terkena sanksi.

Zlatan Ibrahimovich, Marco Verratti, dan Serge Aurier tidak bisa memperkuat Les Parisiens, julukan PSG, karena sanksi. Sementara Thiago Motta dan David Luiz bakal absen karena cedera.  Luiz dan Verratti merupakan pencetak gol PSG di Parc des Princes, Oktober lalu.

Tanpa Zlatan, PSG tentu sangat kehilangan. Pemain asal Swedia tersebut mengemas dua gol ketika Les Parisiens menundukkan Bastia 4-0 pada final Piala Liga Prancis, akhir pekan lalu. Sebelumnya, pemain yang akrab disapa Ibra itu juga menorehkan hat-trick ketika timnya menundukkan Saint-Etienne pada semifinal Piala Prancis, medio pekan lalu.

Meski demikian, PSG tak perlu khawatir tanpa striker yang telah menggelontorkan 28 gol di musim ini tersebut. Toh, sebelumnya Ibra juga absen ketika PSG mengalahkan Barca, Oktober silam.

PSG masih memiliki sosok Edinson Cavani yang juga memborong dua gol ke gawang Bastia. Selain itu, tuan rumah bisa memaksimalkan peran gelandang potensial Javier Pastore yang bisa membantu serangan tim.

“Dia [Pastore]  potensi besar dan akan menjadi pemain penting bagi kami. Dia sangat matang dalam enam bulan terakhir,” ujar Pelatih PSG, Laurent Blanc, seperti dilansir uefa.com, Selasa (14/4/2015).

Di kubu Barca, Lionel Messi  akan momok yang paling ditakuti kubu PSG. Penyerang berjuluk La Pulga tersebut telah menggelontorkan 45 gol hanya dalam 44 laga untuk Blaugrana, julukan Barca, di musim ini. “Messi tak terhentikan. Jika dia mencetak 40 gol, dia berada di musim yang buruk! Namun kami tidak boleh hanya fokus pada dia. Solusinya, kami harus bermain kolektif, man marking [penjagaan pemain tertentu] tidak akan berhasil. Kami akan lebih agresif di belakang namun bukan berarti brutal, untuk bisa menghentikan barisan striker mereka,” lanjut Blanc.

Messi hanya perlu satu tambahan gol lagi untuk menggenapi koleksi golnya bersama Barca menjadi 400 dan itu bisa jadi dia wujudkan di Parc des Princes. Bersama Neymar dan Luis Suarez, Messi  membentuk trisula MSN yang menakutkan bagi tim-tim lawan.

“Barcelona selalu punya penyerang-penyerang hebat, tidak hanya sekarang bersama Neymar dan Luis. Namun itu benar, kami mendapat keuntungan bersama mereka karena keduanya pemain kelas dunia. Mereka memberi kami banyak gol,” urai Messi, seperti dilansir fcbarcelona.com.

Berbeda tim dengan PSG yang kehilangan para pemain pilar, Barca hampir bisa turun dengan full team. Hanya bek kanan Dani Alves yang tak bisa turun karena sanksi dan cedera.  Posisi bek kanan akan diisi Adriano.

Media Spanyol, Marca,  membuat prediksi komposisi lini belakang yang akan disusukn Pelatih Barca, Luis Enrique, tanpa kehadiran Alves. Adriano bisa ditempatkan sebagai bek kiri, karena dirinya tampak lemah ketika harus mengisi posisi Alves. Opsi lainnya, Enrique diperkirakan akan beralih ke formasi 3-4-3 dengan menempatkan Marc Bartra, Gerard Pique, dan Mathieu sebagai three back. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

PSG VS BARCELONA
– Live SCTV, Kamis (16/4/2015) Pukul 01.45 WIB
– Stadion: Parc des Princes (Paris)
– Wasit: Mark Clattenburg (Inggris)

– PSG (4-3-3)
– Pelatih: Laurent Blanc (Prancis)
– Pemain: Sirigu, Van der Wiel, Silva, Marquinhos, Maxwell, Cabaye, Rabiot, Matuidi, Lavezzi, Cavani, Pastore
– Cadangan: Douchez, Lucas,  Camara, Digne, Moura, Bahebeck, Kimpembe

– BARCELONA (4-3-3)
– Pelatih : Luis Enrique (Spanyol)
– Pemain: Ter Stegen, Adriano, Pique, Mascherano, Alba, Rakitic, Busquets, Iniesta, Messi, Suarez, Neymar
– Cadangan: Bravo, Mathieu, Xavi, Pedro, Rafinha, Bartra, Adriano Correia

Tiga Pertemuan Terakhir
11/12/2014         Liga Champions Barcelona  3 – 1 PSG
01/10/2014         Liga Champions PSG 3 – 2 Barcelona
11/04/2013         Liga Champions Barcelona 1 – 1 PSG

Sumber: Soccerway/Whoscored. (hkt/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya