SOLOPOS.COM - Simpang tujuh Joglo, Banjarsari, Solo. Foto diambil 8 Juni 2022. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pekerjaan pembangunan rel layang (elevated rail) di Simpang Tujuh Joglo, Banjarsari, Solo, saat ini memasuki tahap 2 berupa pekerjaan struktur pilar jembatan. Sesuai jadwal, pekerjaan ini berlangsung mulai Agustus 2022 hingga Februari 2023.

Pekerjaan ini berdampak pada perubahan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) di dua ruas jalan yakni jalan Solo-Purwodadi dan Jl Kolonel Sugiyono. Kedua ruas jalan itu harus diubah menjadi searah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan informasi yang diunggah di akun Instagram resmi Dinas Perhubungan Kota Solo, @dishubsurakarta, Senin (15/8/2022) malam, penyempitan jalan menjadi satu arah akan dimulai pada Selasa (16/8/2022) untuk ruas Jl Kolonel Sugiyono.

Sedangkan untuk jalan Solo-Purwodadi, perubahan menjadi satu arah akibat pekerjaan rel layang di Simpang Joglo akan dimulai pada 23 Agustus 2022. Dengan perubahan MRLL ini, Jl Kolonel Sugiyono hanya bisa dilewati kendaraan dari arah utara (Jl Sumpah Pemuda) ke selatan (arah Ngemplak).

simpang joglo solo
Perubahan manajemen rekayasa lalu lintas Jl Kolonel Sugiyono dan jalan Solo-Purwodadi. (Instagram @dishubsurakarta)

Sedangkan jalan Solo-Purwodadi nantinya hanya bisa dilewati dari arah selatan ke utara atau Solo ke Purwodadi. Dinas Perhubungan (Dishub) Solo sebelumnya telah menyiapkan tiga skema pengalihan arus.

Baca Juga: Proyek Simpang Joglo, Jalan Solo-Purwodadi dan Jl Sugiyono Jadi Searah

Skema pertama, kendaraan dari Jl Manunggal menuju Simpanng Joglo dialihkan melewati Jl Kalingga Utama. Skema kedua, kendaraan dari jalan Solo-Purwodadi menuju Jl Kolonel Sugiyono dialihkan melalui Jl Kerinci-Jl Bromo Raya-Jl Sumpah Pemuda.

Skema ketiga, kendaraan dari arah Nusukan dialihkan melewati Jl Letjen Sutoyo dan Jl Sumpah Pemuda. Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Solo, Mudo Prayitno, menegaskan tidak ada penutupan total jalan selama pekerjaan tahap II rel layang di Simpang Joglo itu.

“Saya tegaskan, untuk pemasangan struktur pilar jembatan, masih bisa dilewati kendaraan. Hanya terjadi penyempitan di jalan Solo-Purwodadi dan Kolonel Sugiyono,” ujarnya, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: Tak Masalahkan Jalan Solo-Purwodadi Jadi Searah, Warga Beri Masukan Ini

Pelaksana proyek memang merencanakan penutupan total Simpang Joglo. Namun hal itu baru akan dilakukan padaa Agustus-Oktober 2023 mendatang, saat pekerjaan memasuki tahap pemasangan rangka baja sisi crown.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya